Berita Semarang

Mendag Zulkifli Hasan Pantau Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Karang Ayu Semarang

Menteri Perdagangan Republik Indonesia (Mendag) Zulkifli Hasan melakukan sidak harga di pasar tradisional, Minggu (11/9/2022)

ISTIMEWA
Menteri Perdagangan Republik Indonesia (Mendag) Zulkifli Hasan melakukan sidak harga di pasar Karangayu Kota Semarang, Minggu (11/9/2022) 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Agar harga kebutuhan pokok masyarakat terus stabil ditengah naiknya harga BBM bersubsidi. Menteri Perdagangan Republik Indonesia (Mendag) Zulkifli Hasan melakukan sidak harga di pasar tradisional, Minggu (11/9/2022).

Satu diantara pasar yang mendapatkan sidak dari mendagri yaitu Pasar Karang Ayu Kota Semarang.

Dirinya mengatakan, harga jual pedagang ayam di Pasar Karang Ayu Kota Semarang stabil yaitu Rp 35 ribu per Kg, namun harga jual dari peternak mengalami sedikit masalah.

"Hanya ada masalah dilevel peternak itu harganya 16 ribu dipasar tetep 35, tapi di peternaknya itu 15 sampai 10 ribu itu ada masalah disitu kita mau selesaikan  agar peternak itu tidak rugi," ungkapnya di Pasar Karang Ayu Kota Semarang.

Selain itu ia menjelaskan, Harga bumbu dapur di Pasar Karang Ayu kota Semarang ada yang sudah murah dan ada mengalami kenaikan.

"Tadi bawang Rp 30 ribu per Kg sudah murah, cabai naik sedikit, tapi kalau dari dulu jauh (harga), sekarang Rp 60 ribu per Kg," jelasnya

Ia menambahkan, harga telur ayam sudah stabil dan lebih murah di banding Jakarta, karena ada faktor jarak pengiriman.

"Telur ayam Rp27 ribu per Kg, Jakarta masih Rp 29 ribu per Kg, kenapa ? karena ada ongkos kirim yang jauh, telur ini rata rata dari kendal kalau di jawa tengah dan satu lagi di Blitar karena ada transportnya, jadi harga saya pantau masih stabil tentu saja kita monitor," ucapnya

Pada saat melakukan sidak di pasar tersebut dirinya mendapatkan informasi tentang kenaikan sedikit harga beras dan akan ditindak lanjuti

"Tadi yang agak naik katanya beras, nanti kami akan kordinasi dengan bulog agar ada operasi pasar," katanya

Berdasarkan data yang diterima tribunjateng.com harga beras medium tercatat Rp10.000/kg, beras premium Rp12.000/kg, gula pasir Rp13.000/kg, minyak goreng curah Rp12.000/liter, minyak goreng Minyakita Rp14.000/liter, minyak goreng kemasan Rp18.000/liter, tepung terigu Rp12.500/kg, daging sapi Rp130.000/kg, daging ayam ras Rp34.000/kg, telur ayam Rp27.000/kg, cabai merah keriting Rp60.000/kg, cabai merah besar Rp55.000/kg, cabai rawit merah Rp45.000/kg, bawang merah Rp30.000/kg, dan bawang putih Rp20.000/kg.

Zulkifli menambahkan, Presiden Joko Widodo menginstruksikan Pemerintah Daerah untuk membantu biaya transportasi barang kebutuhan pokok. Terutama bagi daerah yang mengalami kenaikan harga barang kebutuhan pokok lebih dari 5 persen.

“Pemerintah daerah akan membantu subsidi transportasinya sehingga harga barang kebutuhan pokok dapat turun. Jadi ini harus menjadi perhatian jangan sampai bergejolak,” imbuhnya

Pemerintah akan terus berupaya menjaga inflasi pangan terkendali. Diantaranya melalui operasi pasar, serta subsidi angkutan maupun optimalisasi program Gerai Maritim, Tol Laut, dan Jembatan Udara.

Pemerintah optimis dapat mengendalikan gejolak harga sebagaimana upaya stabilisasi Minyak Goreng yang berhasil mencatatkan deflasi dalam empat bulan terakhir.(*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved