Berita Jepara

Geram Terus Kesulitan Beli Solar, Ratusan Nelayan di Jepara Datangi SPBU

Sejumlah nelayan mendatangi SPBU Sekuro, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara, Senin.

Penulis: Muhammad Yunan Setiawan | Editor: sujarwo
TRIBUNMURIA/YUNANSETIAWAN
Puluhan jeriken milik nelayan dijejer antre di SPBU Mlonggo, Senin, 12 September 2022. Ratusan nelayan mendatangi SPBU tersebut karena geram selama ini kesulitab mendapatkan solar sehingga tidak bisa melaut. 

TRIBUNMURIA.COM, JEPARA - Sejumlah nelayan mendatangi SPBU Sekuro, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara, Senin, 12 September 2022.

Mereka yang berjumlah ratusan itu datang ke Pom Bensin dengan membawa jeriken. Tak hanya itu, mereka juga berorasi menyampaikan uneg-unegnya selama ini.

Para nelayan meminta dilayani pembelian solar. Selama ini para nelayan tidak bisa melaut karena tidak mendapatkan solar.

"Mau makan apa kita," kata Ketua Forum Nelayan (Fornel) Utara, Sholikul saat berorasi di depan massa aksi.

Dia menyatakan tidak akan pulang sebelum dilayani. Saat ini para nelayan masih berada di SPBU. Puluhan jeriken sudah ditata berjejeran antre di pengisian BBM. Nelayan menuntut pihak SPBU segera melayani pembelian solar.

Sementara itu, Mandor SPBU Sekuro Sugiarto mengungkapkan belum bisa mengambil keputusan karena manajernya berada di luar kita. Untuk itu, dia meminta maaf kepada massa aksi tidak bisa melayani pembelian solar dari para nelayan. Menurutnya, hal ini karena aturan.

Saat ini, kata dia, Pemkab Jepara masih membahas persoalan solar untuk nelayan. Dia meminta massa untuk tenang.

Hingga berita ini ditulis sejumlah nelayan masih bertahan di SPBU. Sementara itu,  Ketua Fornel Utara Sholikul bertolak ke Setda Jepara untuk mengikuti rapat membahas solar untuk nelayan.

Sejumlah aparat kepolisia  dan TNI terlihaf bersiaga di area SPBU.

Sebelumnya, permasalahan solar untuk nelayan sudah dibahas oleh Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta. Dia mengungkapkan akan bersurat kepada Pertamina dan BPH Migas agar nelayan bisa membeli solar di SPBU.

Selama ini pembelian solar untuk nelayan diarahkan di SPBN. Saat ini hanya SPBN Ujungbatu dan SPBN Kedungmalang yang masih bisa beroperasi. 

SPBN Mlonggo hingga saat ini belum bisa beroperasi setelah tersambar petir ditambah kini diblokir BPH Migas. Diperkitakan SPBN Mlonggo bisa beroperasi pada Oktober 2022. Sehingga para nelayan di Mlonggo kesuliltan membeli solar. (*)

 

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved