Wawancara Khusus

Guntur Soekarnoputra Pesan ke Megawati Jangan Nyeleweng dari Ajaran Bung Karno (2-Habis)

Mas To, sapannya, menurutkan agar PDIP yang dipimpin Megawati harus konsisten menjalankan ajaran dan pemikiran Bung Karno.

Editor: rustam aji
TRIBUNNEWS/NICO MANAFE
SERAHKAN CINDERAMATA - Putra proklamator RI Ir. Soekarno, Guntur Soekarnoputra menerima cinderamata dari Tribun Network, yang diserahkan langsung oleh Direktur Pemberitaan Tribun Network Febby Mahendra Putra seusai menjalani wawancara di Studio Tribun Network, Jakarta, Selasa (30/8).  

TRIBUNJATENG.COM - Guntur Soekarnoputra menyumbang saran kepada adik kandung Megawati Soekarnoputri dalam menjalankan demokrasi politik.

Mas To, sapannya, menurutkan agar Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang dipimpin Megawati harus konsisten menjalankan ajaran dan pemikiran Bung Karno.

“Paling penting saya bilang Dis (Adis, panggilan Megawati) kamu jangan nyeleweng dari ajaran dan pikiran Bung Karno. Reaksi beliau setuju saran yang saya berikan,” kata Mas To di kantor Tribun Network, Jakarta, Selasa (30/8).

Dia mengaku cukup jarang bertemu dengan Megawati karena kesibukannya sebagai ketua umum partai politik.

Berikut lanjutan wawancara eksklusif Direktur Pemberitaan Tribun Network Febby Mahendra Putra dengan Guntur Soekarnoputra:

Menurut Mas To, apakah partai ibu Megawati sebagai adik kandung yang kebetulan menjadi penguasa negeri ini apakah mencerminkan ajaran Bung Karno?

Secara yudis formal tercermin karena kalau kita lihat anggaran dasar kan terlihat jelas PDIP menganut ajaran-ajaran Bung Karno. Tapi di tindakan praktisnya ada juga yang tidak menurut kepada sistem ajaran Bung Karno.

Apakah Mas To sering berdiksusi terkait bagaimana ajaran Bung Karno dicerminkan seutuhnya di PDIP?

Kalau diskusi jarang yah, apalagi zaman Covid-19 begini. Ketemu saja harus atur waktu, karena bu Mega kan juga terbatas waktunya.

Ya nggak kalah lah sama Presiden kita mau ketemu saja harus PCR satu hari sebelumnya, ketemu bu Mega juga begitu.

Kalau dulu kan sebelun ada siluman Covid-19 saya mau masuk ke Teuku Umar blas blus saja. Tapi kalau ketemu seperlunya saja kalau bu Mega nanya sesuatu ya saya ada diskusi juga.

Di antara hubungan panjang sebagai saudara apakah pernah Mas To sumbang saran kepada bu Mega?

Paling penting saya bilang Dis (Adis, panggilan Megawati) kamu jangan nyeleweng dari ajaran dan pikiran Bung Karno. Reaksi beliau setuju saran yang saya berikan.

Apakah dulu Bapak dahulu pernah menyampaikan keinginan agar Mas To orang yang melanjutkan pemikiran Bung Karno?

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved