Berita Blora

Tiga Sekolah di Blora akan Menumpang Laksanakan ANBK 2022

Tiga sekolahan akan laksanakan ANBK 2022 dengan cara menumpang di sekolah lainnya. 

Penulis: ahmad mustakim | Editor: sujarwo
Dok. Humas Dinas Pendidikan Blora
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Aunur Rofiq, Kepala Bidang Pendidikan Dasar Titik Umayati, Kepala Seksi Pembinaan SMP Fiqri Hidayat, serta beberapa pihak terkait melaksanakan rapat koordinasi persiapan ANBK di Aula B Dinas Pendidikan, kemarin. 

TRIBUNMURIA.COM, BLORA – Pada pelaksanaan ANBK tahun ini, tiga sekolah akan melaksanakan ANBK tahun 2022 dengan cara menumpang di sekolah lainnya. 

Mengingat pelaksanaan ANBK jenjang SMP dijadwalkan akan dilaksanakan pada 19-22 September 2022.

Ketiga sekolah itu adalah SMP Islam Mutiara Quran Kunduran, SMP Alam Quwwatul Ummah Kedungtuban, serta SMP Islam Plus Al Muhibbin Kradenan. 

Kepala SMP Islam Plus Al Muhibbin Imam SyafiI mengungkapkan, pihaknya melaksanakan ANBK di SMA NU 1 Kradenan karena fasilitas sekolah yang dipimpinnya itu masih dalam tahap pembangunan.

”Saat ini SMP Islam Plus Al Muhibbin menumpang dulu di SMA NU 1 Kradenan. Karena masih tahap pembangunan,” ungkapnya. 

Pihaknya mengaku tidak ada perlakuan khusus untuk memaksimalkan nilai yang nantinya menjadi rapor Pendidikan tiap sekolah itu.

"Kami hanya membekali mereka cara pengoperasian komputer dan simulasi cara mengerjakan ANBK," ujarnya. 

Selebihnya, guru membekali lewat pembelajaran yang telah berjalan, yakni dengan membiasakan untuk memahami teks dan problem solving dari permasalahan-permasalahan yang ada di teks tersebut.

”Kalau AN ini memang cukup berbeda dengan Ujian Nasional ya, yang bisa dipersiapkan cara mengerjakannya. Kalau AN ini kan lebih abstrak, literasi dan numerasi. Jadi memang benar-benar menyasar kemampuan siswa dalam memahami teks dan bernalar,” jelasnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Aunur Rofiq, Kepala Bidang Pendidikan Dasar Titik Umayati, Kepala Seksi Pembinaan SMP Fiqri Hidayat, serta beberapa pihak terkait melaksanakan rapat koordinasi persiapan ANBK di Aula B Dinas Pendidikan, kemarin.
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Aunur Rofiq, Kepala Bidang Pendidikan Dasar Titik Umayati, Kepala Seksi Pembinaan SMP Fiqri Hidayat, serta beberapa pihak terkait melaksanakan rapat koordinasi persiapan ANBK di Aula B Dinas Pendidikan, kemarin. (Dok. Humas Dinas Pendidikan Blora)

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Aunur Rofiq berharap, Kepala Sekolah benar-benar mempersiapkan pelaksanaan Asesmen Nasional di Sekolah masing-masing, yang outputnya adalah Rapor Pendidikan tiap sekolah

”Jadi asesmen ini bukan hanya siswa, guru dan kepala sekolah juga harus mengisi survei lingkungan belajar, terimakasih sudah berpartisipasi dalam pengisian sulingjar, blora alhamdulillah sudah 100 persen dalam pengisian," ungkapnya. 

Sementara itu, Kepala Seksi Pembinaan SMP Fiqri Hidayat mengaku sudah berkoordinasi dan berkirim surat kepada PLN, Telkom, serta sejumlah pihak untuk mendukung pelaksanaan ANBK ini. 

”Kami sudah meminta kepada beberapa pihak untuk mendukung pelaksanaan AN, kami memohon agar tidak ada pemadaman listrik ataupun beberapa hal lain yang bisa menjadi kendala ANBK nantinya,” ungkapnya.

Dia berharap agar sekolah mempersiapkan sarana dan prasarana serta kesiapan peserta didik. 

”Mohon dipersiapkan Muridnya yang sudah disampling dari Kementerian yang sejumlah 45 anak tersebut, dan cadangan sejumlah 5 anak,” imbuhnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved