Pileg 2022

Badan Kesbangpol Gandeng KPU Kab Tegal Sosialisasi Pendidikan Politik Sasar Siswa SMA dan Sederajat 

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggandeng Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tegal

Istimewa
Foto Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Kabupaten Tegal, Muhammad Fasihin, sedang memberikan paparan mengenai pendidikan politik pada siswa di SMK Al-Musyaffa, Kecamatan Bojong, Selasa (13/9/2022).  

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggandeng Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tegal, menyelenggarakan kegiatan sosialisasi pendidikan politik jelang pemilu 2024 menyasar siswa SMA/SMK sederajat.

Sudah berlangsung sejak beberapa waktu lalu dan menyasar semua SMA/SMK sederajat di wilayah Kabupaten Tegal, kali ini giliran siswa di SMK Al-Musyaffa, Kecamatan Bojong yang mendapat sosialisasi pendidikan politik, Selasa (13/9/2022).

Berlaku sebagai narasumber perwakilan dari KPU Kabupaten Tegal dan Satpol PP Kabupaten Tegal, menyampaikan mengenai pendidikan politik bagi pemilih pemula.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Kabupaten Tegal, Muhammad Fasihin, mengungkapkan kegiatan sosialisasi pendidikan politik merupakan program yang diinisiasi oleh Kesbangpol

Karena membahas mengenai politik, maka tidak akan jauh berbicara tentang kepemilihan atau pemilu, demokrasi, dan lain sebagainya. 

Sehingga dalam hal ini, KPU Kabupaten Tegal turut dilibatkan untuk menjadi salah satu narasumber. 

Terlebih tahun 2024 juga akan ada pemilu, maka Fasihin melihat setidaknya pendidikan politik yang diberikan lebih ke pemula yang nantinya menggunakan hak pilih pertama kali. 

"Tadi yang saya sampaikan dari sisi KPU seperti menjadi pemilih pemula apa saja persyaratan dan caranya. Kemudian bagaimana menggunakan hak pilih, termasuk informasi mengenai money politik, golput, dan lain-lain.

Ya siswa cukup antusias, karena pada saat sesi pertanyaan empat kesempatan langsung terpenuhi," papar Fasihin, pada Tribunjateng.com, Selasa (13/9/2022). 

Kegiatan yang dimulai pukul 09.30 WIB - 12.00 WIB ini, diikuti kurang lebih 40 peserta ditambah beberapa guru yang juga mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut. 

Fasihin menambahkan, salah satu tugas KPU adalah melaksanakan sosialisasi pendidikan politik kepada masyarakat, tak terkecuali pemilih pemula atau calon pemilih yang masih SMA/SMK atau sederajat.

Ia pun berharap, lewat sosialisasi pendidikan politik ini bisa menjadi gambaran awal pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang seperti apa.

"Sehingga pada saatnya nanti mereka memilih, memakai hak mereka, para siswa ini bisa menjadi pemilih yang cerdas terutama dalam memilih calon-calon pemimpin atau wakil rakyat. Harapannya, slogan dari rakyat, oleh rakyat, untuk rakyat bisa diwujudkan. Artinya kesejahteraan masyarakat khususnya Kabupaten Tegal benar terwujud dengan adanya pemilu," harap Fasihin. (dta)

Baca juga: Promosi Miras Di Medsos Langsung Digerebek Satpol PP Demak, Sebanyak 147 Botol Berhasil Disita

Baca juga: Dinkominfo Purbalingga Garap Program Bangga Macapat untuk Tingkatkan Cakap Digital

Baca juga: 10 Weton yang Rezekinya Terus Melimpah di Tahun 2022

Baca juga: Penampilan Dikta Mantan Vokalis Yovie & Nuno Berubah, Dituding Netizen Pakai Narkoba

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved