Berita Semarang

Harga BBM Naik, Benk Mintosih: Sudah Jelas Akhir Bulan Pasti Keuntungan Berkurang

Kenaikan harga BBM turut memberikan dampak bagi sejumlah sektor, termasuk industri perhotelan

Penulis: Idayatul Rohmah | Editor: raka f pujangga
Istimewa/Kamar hotel
Kamar hotel double bed di Semarang 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pemerintah pusat telah resmi menaikkan harga bahan bakar (BBM) bersubsidi jenis pertalite dan solar mulai 3 September 2022 lalu pukul 14.30 WIB.

Dengan penyesuaian harga itu, pertalite yang semula Rp 7.650 per liter naik menjadi Rp 10.000 per liter. Adapun harga BBM jenis solar dari Rp 5.150 per liter naik menjadi Rp 6.800 per liter. Harga Pertamax (nonsubsidi) sendiri sebelumnya Rp 12.500 per liter menjadi Rp 14.500 per liter.

Kenaikan harga BBM ini turut memberikan dampak bagi sejumlah sektor, termasuk industri perhotelan yang mengaku mulai terpengaruh setelah adanya penyesuaian tarif angkutan umum.

Wakil Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Tengah Benk Mintosih menyebutkan, hal ini menurutnya akan memberikan dampak terhadap penurunan keuntungan hotel bulan ini.

"Terkait dampak kenaikan harga BBM bagi perhotelan, sudah jelas akhir bulan (ini) pasti profitnya berkurang.

Keuntungan berkurang karena harga belum kami naikkan," kata Benk saat dihubungi tribunjateng.com, Selasa (13/9/2022).

Benk lebih lanjut menyebutkan, pihaknya sendiri kini masih belum menaikkan harga baik sewa kamar maupun F&B (makanan dan minuman).

Ia mengatakan, hal itu sebab hotel tak bisa serta-merta menaikkan harga mengingat adanya sejumlah kontrak ataupun booking dari pelanggan sebelumnya.

"Beberapa sektor lain sudah ikut naik. Tapi hotel belum bisa (menaikkan). Hotel itu rata-rata naiknya setelah satu bulan karena masih ada kontrak-kontraknya, jadi lama," ungkap Benk.

Sementara itu Benk menambahkan, pihaknya kini masih menghitung-hitung dampak yang ditimbulkan sebagai imbas dari kenaikan harga BBM.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved