Berita Nasional

Pendaftaran Penerimaan Polri Calon Tamtama 2022 Brimob & Tamtama Polair, Syarat & Link

Cara pendaftaran penerimaan Polri calon Tamtama tahun 2022. Pendaftaran calon anggota Polri kali ini dibuka untuk calon Tamtama Brimob & Tamtama Polai

Editor: m nur huda
Ist./Humas Polres Cilacap
Batalyon D Pelopor Satbrimob Polda Jateng di Lapangan Mako Brimob Kroya, Cilacap - Cara pendaftaran penerimaan Polri calon Tamtama tahun 2022. Pendaftaran calon anggota Polri kali ini dibuka untuk calon Tamtama Brimob & Tamtama Polair. 

TRIBUNJATENG.COM - Berikut informasi dan cara pendaftaran penerimaan Polri calon Tamtama tahun 2022 yang kembali dibuka.

Dilansir dari situs Penerimaan Polri, penerimaan atau pendaftaran calon anggota Polri kali ini dibuka untuk calon anggota Tamtama Brimob dan Tamtama Polair.

Kuota penerimaan kali ini sebanyak 1.600 orang, yang terdiri atas 1.500 orang Tamtama Brimob dan 100 Tamtama Polair.  Calon anggota nantinya akan melaksanakan pendidikan selama 5 bulan di tempat pendidikan sesuai dengan pilihan. 

Bagi peserta yang mendaftar Tamtama Brimob akan mengikuti pendidikan di Pusdik Brimob Watukosek, Jawa Timur. 

Peserta yang melamar Tamtama Polair akan mengikuti pendidikan di Pusdik Polair Pondok Dayung Tanjung Proik, Jakarta Utara

Persyaratan umum Penerimaan Tamtama Polri

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  3. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
  4. Minimal lulusan SMA/sederajat.
  5. Berusia minimal 18 tahun (pada saat dilantik menjadi anggota Polri).
  6. Sehat jasmani dan rohani.
  7. Tidak pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan (dibuktikan dengan SKCK dari Polres setempat).
  8. Berwibawa, jujur, adil, dan berkelakuan tidak tercela.

Persyaratan khusus calon Tamtama Polri 2022

1. Pria, bukan anggota/mantan Polri/TNI dan PNS atau pernah mengikuti pendidikan Polri/TNI.

2. Tamtama Brimob lulusan:

  • SMA/MA/SMK semua jurusan kecuali jurusan Tata Busana dan Tata Kecantikan (bukan lulusan Paket A dan B) dengan kriteria lulus.
  • Lulusan Satuan Pendidikan Muadalah (SPM/setingkat SMA) pada pondok pesantren dan lulusan Pendidikan Diniyah Formal (PDF/setingkat SMA) dengan kriteria lulus.

3. Tamtama Polair lulusan:

  • SMA/MA/SMK semua jurusan (diutamakan SMK Pelayaran/Perkapalan) kecuali jurusan Tata Busana dan Tata Kecantikan (bukan lulusan Paket A dan B) dengan kriteria lulus.
  • Lulusan Satuan Pendidikan Muadalah (SPM/setingkat SMA) pada pondok pesantren dan lulusan Pendidikan Diniyah Formal (PDF/setingkat SMA) dengan kriteria lulus.

4. Berusia minimal 17 tahun 7 bulan dan maksimal 22 tahun saat buka pendidikan.

5. Tinggi badan minimal untuk pria 165 cm, khusus ras Melanesia (Polda Papua dan Papua Barat) 163 cm. 

6. Belum pernah menikah secara hukum positif/agama/adat, belum pernah hamil/melahirkan, belum memiliki anak biologis (anak kandung) dan sanggup untuk tidak menikah selama dalam pendidikan pembentukan, apabila peserta didik diketahui pernah menikah secara hukum positif/agama/adat maka dinyatakan gugur serta tidak dapat mengikuti pendidikan.

7. Tidak bertato dan tidak ditindik atau anggota badan lainnya, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama/adat.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved