it telkom purwokerto

Rebranding Digital dan Pembuatan Konten Promosi Media Sosial Untuk Meningkatkan Penjualan Produk IKM

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di IKM Batik Keraton Pekalongan merupakan kegiatan dari hibah PkM Internal 2022 yang didanai oleh ITTP.

Penulis: Abduh Imanulhaq | Editor: galih permadi
IST
Sosialisasi Merek Dagang Baru 

Penulis: Nabila Noor Qisthani, S.T., M.T

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di IKM Batik Keraton Pekalongan merupakan kegiatan dari hibah PkM Internal 2022 yang didanai oleh Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP).

Tujuan dari dilaksanakannya PkM ini adalah untuk membantu mitra menyelesaikan masalah yang ada.

IKM Batik Keraton merupakan sebuah home industry yang sudah menjalankan bisnis di industri batik sejak tahun 2001 dengan dua tipe produksi yaitu make to stock untuk produk yang dijual dengan merek sendiri dan make to order untuk produk pesanan perusahaan lain yang nantinya akan dijual dengan merek perusahaan yang melakukan pemesanan tersebut.

Produk Kain Batik IKM Batik Pekalongan
Produk Kain Batik IKM Batik Pekalongan (IST)

Berdasarkan hasil wawancara dengan mitra yaitu Bu Heny Agustina Lusianti selaku pemilik IKM Batik Keraton didapatkan beberapa masalah yang akan diselesaikan yaitu pembuatan merek dagang baru untuk produk make to stock seperti sarung santri, sarung celana dan mukena batik dikarenakan merek dagang yang selama ini digunakan oleh IKM ini sudah digunakan oleh penjual batik lainnya oleh sebab itu Ketua Pengabdian Masyarakat yaitu Nabila Noor Qisthani, S.T., M.T yang merupakan Dosen Prodi S1 Teknik Logistik beserta dua anggota yaitu Syarif Hidayatuloh, S.T., M.T dan Luqman Wahyudi, S.Sn., M.Sn melakukan pendampingan kepada mitra untuk mendapatkan merek dagang baru serta membuat brand guidline.

Selain itu masalah lain yang dihadapi oleh mitra yaitu kesulitan dalam membuat konten promosi media sosial karena saat terakhir dilakukan wawancara, mitra belum memiliki media sosial sehingga ini adalah masalah kedua yang akan diselesaikan oleh kelompok Hibah PkM yang diketuai oleh Nabila Noor Qisthani, S.T., M,T.

Sosialisasi Merek Dagang Baru
Sosialisasi Merek Dagang Baru (IST)

Hasil dari PkM dengan judul Rebranding Digital dan Pembuatan Konten Promosi Media Sosial Untuk Meningkatkan Penjualan Produk IKM Batik Keraton Pekalongan.

Adalah didapatkan merek dagang yang lengkap dengan brand guidline dan sedang dalam pendampingan untuk mendaftarkan merek ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM RI.

Selain itu, dilakukan pendampingan dan sosialisasi terkait pembuatan media sosial dan e-commerce untuk mitra dapat memaksimalkan penjualan secara online.(*) 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved