Berita Kudus

32 Peserta Mengikuti Pelatihan Tourguide Lokal Untuk Menjawab Potensi Wisata Kudus

Sedikitnya 32 orang peserta mengikuti pelatihan tourguide lokal selama 22 hari yang digelar Disnakerperinkop dan UKM Kudus

Penulis: Rezanda Akbar D | Editor: raka f pujangga

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi dan UKM (Disnakerperinkopukm) Kabupaten Kudus menggelar pelatihan tourguide lokal yang diikuti masyarakat untuk mendukung tingginya potensi ekonomi pariwisata di Kabupaten Kudus, 

Terlebih saat ini Kabupaten Kudus sedang menggencarkan potensi desa wisata.

Pelatihan tersebut diikuti 32 orang yang terbagi dalam dua kelas. 

Para calon tourguide lokal akan diberikan bekal materi, yakni cara untuk menghandle dan berkomunikasi dengan audiens, materi pariwisata di Kabupaten Kudus.

Para calon tourguide lokal akan menjalani pelatihan selama 22 hari, pada Minggu ketiga akan melakukan ujian praktek.

Untuk ujian praktek yakni, berupa simulasi. Para calon tourguide akan melakukan tourlokal sambil menjelaskan potensi maupun sejarah wisata yang dimiliki Kudus.

"Praktek lapangan ini mengetes kemampuan sejauh mana perkembangan para calon tourguide lokal untuk nantinya bisa menjadi guide tamu-tamu yang berkunjung ke Kudus," ucap Kepala Disnakerperinkopukm Kabupaten Kudus, Rini Kartika usai pelatihan praktek, Rabu (14/9/2022).

Rini mengutarakan kepuasannya ketika melihat potensi para calon guide lokal.

"Saat perjalanan atau praktek, tadi ada yang sangat menguasai. Saya senang, ini adalah wujud keberhasilan yang bagus terkait pelatihan tourguide," katanya.

Para calon tourguide lokal tersebut nantinya akan dikerjasamakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Kudus.

Dengan begitu diharapkan calon guide lokal bisa langsung dipromosikan.

Rini menambahkan, karena tingginya antusiasme masyarakat, pihaknya berencana akan mengadakan pelatihan tourguide lokal di tahun depan. (Rad)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved