Berita Bisnis

Kenaikan Harga BBM Tidak Mempengaruhi Penyaluran Kredit Kendaraan Bermotor

Sejak adanya penyesuaian harga BBM pada 3 September 2022 lalu, pembiayaan baik motor ataupun mobil tetap berjalan normal seperti sebelumnya.

Penulis: Idayatul Rohmah | Editor: raka f pujangga
tribunjateng/dok
BCA Solo Target Kredit Kendaraan Bermotor Bisa Tembus Rp 25 Miliar 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) disebut tidak memberikan pengaruh terhadap penyaluran kredit kendaraan bermotor BCA.

Kasubdiv Unit Bisnis Kredit Konsumer Handy Werikho menyatakan, sejak adanya penyesuaian harga BBM pada 3 September 2022 lalu, pembiayaan baik motor ataupun mobil tetap berjalan normal seperti sebelumnya.

"Kondisi saat ini dengan adanya kenaikan harga BBM, bagi kami dari perusahaan pembiayaan sekaligus anak perusahaan dari BCA, KKB BCA, kami melihat tidak berpengaruh bagi nasabah. Animo nasabah tetap tinggi," kata Handy saat konferensi pers terkait BCA Expo Semarang di restoran Verve, Semarang, kemarin.

BCA Expo Semarang sendiri bakal digelar di Marina Convention Centre Semarang pada Sabtu-Minggu (17-18/9/2022) mendatang.

Menurut Handy, para nasabah dan juga pelaku otomotif tetap antusias untuk mengikuti pameran tersebut dan optimistis mampu mendongkrak penjualan meski harga BBM naik.

"Kami melihat tingginya animo nasabah, khususnya Jateng untuk mengikuti acara ekspo terutama untuk mobil, banyak yang mengeluarkan mobil baru," katanya.

Disebutkan, KKB BCA akan menghadirkan 15 merek mobil ternama.

Adapun untuk kendaraan motor, BCA menggandeng 11 merek di antaranya vespa, benelli, honda big bike, polytron, kawasaki, dan lainnya.

Menurut Handy, di antara kendaraan yang dipamerkan tersebut turut memberikan porsi untuk kendaraan-kendaraan listrik sebagai salah satu pilihan bagi masyarakat.

Hal itu juga sebagai antisipasi terhadap kenaikan harga BBM.

"Mobil baru antara lain mobil listrik dari Wuling. Itu salah satu yang banyak diminati nasabah untuk mengantisipasi adanya kenaikan harga BBM.

Dan untuk mobil-mobil lain yang memang menggunakan BBM, sejauh ini penjualan masih meningkat," akuinya.

Di sisi lain, pada saat yang sama Handy menyebutkan hingga Juni 2022, BCA telah menyalurkan total kredit BCA naik 13,8 persen secara tahunan (yoy) menjadi Rp 675,36 triliun.

Tren kredit konsumer juga terus membaik, dengan total kredit portofolio kredit konsumer naik 7,6 persen YoY menjadi Rp160,51 triliun.

Kemudian untuk kredit KPR BCA hingga Juni 2022, tumbuh 8,5 persen YoY menjadi Rp101,6 triliun. Sedangkan KKB BCA hingga Juni 2022, bertumbuh 4,8 persen YoY menjadi Rp43,2 triliun. (idy)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved