Berita Kabupaten Tegal

Polres Tegal Gelar Latihan Harkatpuan

Kepolisian Resor (Polres) Tegal, Jawa Tengah menggelar kegiatan latihan pemeliharaan, peningkatan dan kemampuan (Harkatpuan)

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: muslimah
Humas Polres Tegal
Foto berlangsungnya kegiatan latihan pemeliharaan, peningkatan dan kemampuan (Harkatpuan) yang dilakukam oleh personil Polres Tegal. Berlokasi di Halaman Mapolres Tegal, Selasa (13/9/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI – Kepolisian Resor (Polres) Tegal, Jawa Tengah menggelar kegiatan latihan pemeliharaan, peningkatan dan kemampuan (Harkatpuan) di Halaman Mapolres Tegal, Selasa (13/9/2022). 

Kapolres Tegal, AKBP Arie Prasetya Syafa’at, melalui Kasat Samapta, AKP Surahno mengatakan, kegiatan Harkatpuan diikuti oleh anggota Satsamapta Polres Tegal dengan berbagai jenis pelatihan.

“Diantaranya meliputi pelatihan penggunaan peralatan Alsus Dalmas yakni Road Bloker, Metal Detector, Sekdor dan Tactical Foice Comander,” kata AKP Surahno, dalam rilis yang diterima Tribunjateng.com. 

Dikatakan, Harkatpuan juga diisi  sebagai pelatihan pemeriksaan kerapian dan pelatihan pelacakan anjing.

AKP Surahno berpesan, supaya pelaksanaan kegiatan Harkatpuan  dilakukan secara bersungguh-sungguh sesuai dengan Arahan Perintah Pimpinan (APP).

“Perhatikan dengan serius dari instruktur pelatihan, agar nantinya didalam implementasi pada kejadian nyata di lapangan dapat dilaksaakan dengan baik dan benar,” tegasnya. 

Surahno berharap, kegiatan tersebut bisa dimanfaatkan sebaik mungkin dan personil dapat memahami pembelajaran  dimanapun bertugas.  

Selain itu, ia mengatakan pada pelatihan Sekdor dan Metal Detector, dipimpin oleh Instruktur Kanit Obvit, Aiptu Wawan Indriawan, dan Kanit Patroli, Aipda Andri Adi.

“Para peserta diberikan tata cara mengoperasikan Sekdor dan Metaldetector, cara mengetahui beberapa fungsi lampu dan suara, hingga pemeriksaan badan yang berbau indikasi membawa logam maupun sajam,” jelasnya. 

Sementara, pada pelatihan Tactical Foice Comander akan diisi oleh Kasat Samapta, AKP Surahno, dan Kanit 1, Dalmas Aipda Mukmin Jafari.

“Peserta akan diberikan pelatihan pengenalan tombol dan perlengkapan Tactical Foice, mengoperasikan, dan penggunaan aksi unra,” terangnya.

Sedangkan pelatihan Pelacakan Satwa K9, akan dilakukan oleh Instruktur Bripka Andrean Kurniawan, dan Bripda Tomi Andrianto.

“Mereka akan diberikan penganalan jenis satwa dan spesifikasi keahliannya, pelatihan tata cara satwa K9 dengan menemukan bahan peledak, hingga memperlakukan pawang setelah satwa K9 berhasil menemukan bahan peledak,” tutupnya. (dta) 

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved