Berita Kudus

Seleksi 8 Kepala OPD Pemkab Kudus Diharap Hasilkan Sosok Berintegritas

Bupati Kudus HM Hartopo berharap agar seleksi jabatan pimpinan tinggi (JPT) di lingkup Pemerintah Kabupaten Kudus menghasilkan sosok yang berintegrita

Penulis: Rifqi Gozali | Editor: m nur huda
Tribun Jateng/Rifqi Gozali
Bupati Kudus HM Hartopo berharap agar seleksi jabatan pimpinan tinggi (JPT) di lingkup Pemerintah Kabupaten Kudus menghasilkan sosok yang berintegritas. 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Bupati Kudus HM Hartopo berharap agar seleksi jabatan pimpinan tinggi (JPT) di lingkup Pemerintah Kabupaten Kudus menghasilkan sosok yang berintegritas. Selain itu, juga terpilih sosok yang memiliki kualifikasi sesuai dengan bidang keilmuan yang dikuasai.

Dalam seleksi JPT di lingkup Pemerintah Kabupaten Kudus ini akan memilih delapan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Antaralain Kepala Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP); Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo); Kepala Dinas Kebudayan dan Pariwisata (Disbudpar); Inspektur, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol); Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Dispetanpangan); Kepala Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), dan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes).

Beberapa jabatan tersebut, kata Hartopo, harus diisi oleh mereka yang memiliki latar belakang keahlian atau keilmuan khusus.

Misalnya untuk Dinkes memang harus diisi oleh mereka yang memahami perihal kesehatan, misalnya dokter atau mereka yang memiliki latar belakang kesehatan masyarakat.

"Untuk Dinkes ini sumber dayanya ada," kata Hartopo, Rabu (14/9/2022).

Akan tetapi, lanjut dia, untuk Dispertanpangan memang harus diisi oleh mereka yang memiliki latar belakang pertanian. Atau kalau tidak mereka yang memiliki latar belakang peternakan atau kehutanan.

Untuk proses seleksi JPT ini telah dibentuk panitia. Ketuanya yakni Sekretaris Daerah, Sam'ani Intakoris.

Sebelumnya Hartopo berpesan agar seleksi kepada dinas yang akan berlangsung nanti diharapkan berjalan sesuai dengan aturan berlaku. Tidak ada titipan maupun korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

"Yang saya butuhkan bagaimana nantinya JPT bisa bersinergi, bisa loyal terhadap pimpinan terkait apa yang menjadi instruksi dalam pembangunan dalam pelayanan masyarakat," kata Hartopo.

Kepala dinas yang dibutuhkan, kata Hartopo, tidak hanya dia yang pandai. Selain itu juga memiliki kemauan bekerja keras dan loyal.

"Kalau harapan kami nanti bisa kelihatan. Saya butuh orang itu rekam jejak harus ada dari staf eselon 4 eselon 3 harus ada. Dipastikan baik. Yang jelas paham tentang urusan sesuai kompetensi yang dia punya," katanya.

Ketua panitia seleksi JPT, Sam'ani Intakoris, mengatakan bagi seluruh aparatur sipil negara (ASN) yang ingin mengisi jabatan-jabatan tersebut disilakan untuk mendaftar.

Amanat berikut pesan yang dititipkan oleh Hartopo kepadanya sebagai panitia akan dilakukan sebaik-baiknya. Pesan itu misalnya untuk transparan dan berintegritas dalam menjalankan seleksi.(*)

Bupati Kudus HM Hartopo

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved