Berita Banyumas

6.183 Keluarga Penerima Manfaat di Somagede Banyumas Terima Bantuan Sosial BLT BBM

Sebanyak 6.183 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kecamatan Somagede, Banyumas terima bantuan sosial BLT BBM dan BNPT

Penulis: Imah Masitoh | Editor: muslimah

TRIBUNJATENG.COM, BANYUMAS - Sebanyak 6.183 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kecamatan Somagede, Banyumas terima bantuan sosial BLT BBM dan BNPT di Balai Desa masing-masing desa, Kamis (15/9/2022). 

Masing-masing KPM menerima uang tunai sebanyak Rp 500.000 yang merupakan bantuan BLT BBM bulan September dan Oktober senilai total Rp 300.000 dan BNPT bulan September Rp 200.000.

Terdapat 9 desa di Kecamatan Somagede dengan rincian KPM di Desa Sokawera sebanyak 954 KPM, Desa Tanggeran 754 KPM, Desa Klinting 565 KPM, 

Desa Somagede sebanyak 740 KPM, Desa Kanding 485 KPM, Desa Piasa Kulon 501 KPM, Desa Plana 639 KPM, Desa Somakaton 656 KPM, dan Desa Kemawi 889 KPM. 

Di Desa Somakaton misalnya, dari pantauan tim Tribunjateng.com di lokasi masyarakat sedari pagi mendatangi balai desa untuk mengambil bantuan. 

Untuk mengantisipasi masyarakat yang saling berdesakan petugas menyiasati dengan menggunakan nomor antrian. 

"Saya datang dari jam 9, tadi dapat nomor antrian 144, karena saya bawa anak kecil jadi didahulukan," tutur Basinem (50). 

Menurutnya bantuan yang diterimanya cukup membantu untuk membeli bahan kebutuhan pokok dimana saat ini harga bahan pokok mulai naik terlebih setelah adanya menaikan BBM beberapa waktu lalu. 

"Alhamdulillah membantu, tadi dapat himbauan juga bantuan ini untuk membeli barang-barang yang berguna. Kalau saya paling untuk beli kebutuhan pokok," ungkapnya. 

Menurut Annis Zulaecha selaku Sekretaris Satgas Bansos Pos Indonesia, penyaluran bantuan sosial BLT BBM kali ini digabung dengan dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) menurut data yang diterima langsung dari Kementrian Sosial. 

"Untuk yang batch 1 sudah selesai disalurkan beberapa waktu lalu, untuk yang sekarang batch 2," tuturnya. 

Adapun persyaratan yang harus dibawa bagi KPM untuk mengambil bantuan sosial ini yakni surat undangan, KTP dan Kartu Keluarga asli. 

Bila KPM yang bersangkutan tidak dapat mengambil sendiri saat penyaluran dapat diwakilkan anggota keluarga lain yang masih dalam satu KK. 

"Karena ada proses foto identitas dan foto penerimanya menggunakan aplikasi," imbuhnya. 

Sementara bila KPM tidak dapat mengambil saat hari yang sudah dijadwalkan dapat mengambil di kantor pos terdekat sampai dengan H plus 3 dari jadwal penyaluran.

"Sejauh ini tidak ada kendala aman-aman saja. Di Kecamatan Somagede kita terjunkan 23 petugas, satu tim ada yang menghandle 2 lokasi. Jadi kita sistem waktunya dijadwal setiap desanya," imbuhnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved