Berita Jateng

Gus Yasin Dukung Rumah Sakit Gunakan Alat Kesehatan Buatan Dalam Negeri

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen mengapresiasi rumah sakit maupun fasilitas kesehatan

Penulis: faisal affan | Editor: rival al manaf
Dok. Asperapi -
Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen saat melakukan cek kesehatan di pameran Central Java Health Expo 2022, di Mal Ciputra Semarang, yang berlangsung 14 - 18 September 2022. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen mengapresiasi rumah sakit maupun fasilitas kesehatan yang sudah menggunakan produk alat kesehatan dalam negeri.

Pernyataan itu disampaikan saat menghadiri pameran alat kesehatan di Mal Ciputra Semarang, Rabu (14/9/2022).

Pihaknya pun mendukung penuh rumah sakit maupun fasilitas kesehatan untuk menggunakan alat kesehatan buatan Indonesia.

“Saya ucapkan terima kasih kepada rumah sakit, klinik serta tempat-tempat yang menyelenggarakan kesehatan yang sudah menggunakan alat-alat kesehatan produk dalam negeri. Ini sesuai arahan Bapak Presiden RI bahwa 40 persen anggaran harus dibelanjakan produk dalam negeri, salah satunya alat kesehatan. Dan ini kita dorong,” ujar Gus Yasin, sapaannya, di sela acara pembukaan Central Java Health Expo 2022, di Mal Ciputra Semarang.

Pihaknya juga sempat menyampaikan kunjungan Menteri Kesehatan RI di sebuah rumah sakit di Surakarta. Menurutnya, ada beberapa alat kesehatan yang diproduksi di Jawa Tengah.

"Maka jika kampanye penggunaan alkes produk lokal Jateng dilakukan secara masif, maka permintaan dan penggunaannya akan semakin meningkat. Sementara ini yang masih unggul adalah tempat tidur. Tetapi saya yakin kepercayaan masyarakat, khususnya pegawai di rumah sakit maupun klinik, memakai alat-alat produk dalam negeri, maka yang lainnya juga akan mengikuti,” katanya.

Usai memberikan sambutan, Gus Yasin sempat meninjau beberapa stand yang ada di pameran. Termasuk melakukan cek kesehatan di stand milik PMI Jawa Tengah.

Di lain pihak, Ketua DPD Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (Asperapi) Jawa Tengah, Titah Listiorini, mengatakan pameran alat kesehatan di Mal Ciputra Semarang ini berlangsung dari 14 - 18 September 2022.

"Mengapa diadakan di mal? karena mal ini termasuk yang ramai di Semarang. Jadi kami ingin pengunjung selain berbelanja bisa sekaligus cek kesehatan gratis. Ada diskon juga all item alat kesehatan hingga 20 persen," terang Titah.

Sebanyak 32 stand turut serta dalam pameran ini. Terdiri dari klinik kecantikan, klinik kesehatan, PMI, rumah sakit, toko alat kesehatan, dan lainnya.

"Ada gabungan perusahaan farmasi juga ikut pameran ini. Kami melihat masyarakat mulai aware dengan kesehatan usai pandemi kemarin. Meski saat ini belum benar-benar hilang," pungkasnya.(*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved