Berita Semarang

21 Museum di Indonesia Ramaikan Museum Ronggowarsito Semarang

Museum Ronggowarsito gelar pameran melibatkan 21 perwakilan museum se-Indonesia.

Penulis: Idayatul Rohmah | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Idayatul Rohmah
Pengunjung sedang melihat-lihat pameran di di museum Ronggowarsito Semarang, Jawa Tengah, Jumat (16/9/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Membaiknya situasi pandemi Covid-19 menjadikan berbagai aktivitas hingga kegiatan yang mengundang banyak pengunjung kembali semarak.

Sektor swasta, instansi dan lembaga-lembaga turut menyambut mulai normalnya kegiatan.

Hal ini juga dilakukan Museum Ronggowarsito, yang menggelar pameran dengan melibatkan sebanyak 21 perwakilan museum se-Indonesia di  museum Ronggowarsito Semarang, Jawa Tengah, Jumat (16/9/2022). 

Kepala museum Ronggowarsito Djoko Nugroho Witjaksono menuturkan pameran bersama ini sebagai wujud pengembalian eksistensi museum setelah dilanda pandemi covid 19.

"Pandemi ini hampir semua tutup apabila ingin kunjungan secara fisik. Selama dua tahun kami adakan pameran bersama secara virtual, dan kali ini offline," terangnya.

Dalam pameran itu, pengunjung mulai berdatangan. Khususnya para pelajar yang didampingi oleh guru, melihat-lihat isi museum.

Pengunjung sedang melihat-lihat pameran di di  museum Ronggowarsito Semarang, Jawa Tengah, Jumat (16/9/2022).
Pengunjung sedang melihat-lihat pameran di di museum Ronggowarsito Semarang, Jawa Tengah, Jumat (16/9/2022). (Tribun Jateng/Idayatul Rohmah)

Pada pameran tersebut, Kota Semarang menampilkan sejumlah koleksi seperti tengkorak kepala kerbau.

"Ada juga replika samudera raksa kapal yang wujudnya terinsipirasi relief kapal di Borobudur, kemudian di wujudkan 3 dimensi," bebernya.

"jadi nenek moyang kita itu adalah pelaut yang ikut serta perdagangan lintas benua dari Tiongkok sampai Afrika itu orang Indonesia," lanjutnya.

Pameran tersebut juga mengangkat kota lama Semarang yang menggambarkan bahwa Semarang dahulu adalah kota benteng, karena kawasan kota lama pernah dikelilingi benteng.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved