Berita Blora

Cari Bibit Atlet, Ratusan Siswa Usia Dini Ikuti Identifikasi dari Kemenpora

Dalam rangka mencari bibit-bibit atlet di Kabupaten Blora, sebanyak 300 siswa Sekolah Dasar (SD) di Blora mengikuti identifikasi bakat dari Kementrian

Penulis: ahmad mustakim | Editor: Catur waskito Edy
Humas KONI Blora
Ratusan siswa usia dini di Blora saat mengikuti program identifikasi bakat atau bibit-bibit atlet oleh Kemenpora di Gor Mustika Blora (Dok. Humas KONI Blora)  

TRIBUNJATENG.COM, BLORA – Dalam rangka mencari bibit-bibit atlet di Kabupaten Blora, sebanyak 300 siswa Sekolah Dasar (SD) di Blora mengikuti identifikasi bakat dari Kementrian Olahraga (Kemenpora). 

Acara dilaksanakan selama 4 hari. Hari pertama memberikan bimbingan teknis (Bimtek) panitia daerah dan kepada instruktur. 

Hari berikutnya penilaian identifikasi bakat kepada siswa siswi SD di Kabupaten Blora, yang ikut dalam ajang identifikasi bakat, dan selanjutnya evaluasi. 

Program ini bukan hanya untuk cabor angkat besi saja, cabor lain juga ada tergantung dari PBnya. 

Kepala Sub Bidang Pemanduan dan Identifikasi Bakat Kemenpora l, Susana mengatakan kegiatan ini merupakan program rutin dari Kemenpora tiap tahun dan untuk angkat besi tahun ini dilaksanakan di Kabupaten Blora. 

"Tujuanya untuk mencari bibit bibit atlet yang berpotensial nanti akan kita adakan pembinaan selanjutnya," ucap Susan di Gor Mustika, Kamis (15/9/2022).

Dari Kemenpora ada beberapa cabor yang sudah dilaksanakan yakni cabor Atletik, Bulutangkis, angkat besi dan dayung. 

"Untuk angkat besi kita laksanakan di Blora," ujarnya. 

Muhammad Arif, tim evaluasi dari Kemenpora mengungkapkan untuk penilaian atau tesnya sendiri berdasarkan pembinaan anak anak usia dini

"Jadi indikator yang kita siapkan adalah item tes yang sesuai dengan karakter usia, tidak spesifik namun menggambarkan bahwa dia punya bakat atau tidak," jelas Muhammad Arif. 

Menurutnya, di Blora sendiri fasilitasnya sudah memadai, dan antusianya luar biasa. 

"Mudah mudahan muncul lagi atlet atlet bertalenta dari Blora untuk bisa mewakili Indonesia dan meraih Prestasi," harapnya. 

Ketua PB PABSI pusat, Hadi Wiharja menambahkan pihaknya memilih Blora lantaran ada dua atlet angkat besi asal Blora yakni Muhammad Yasin dan Siti Nafisatul Hariroh yang sudah go International, menyumbang medali untuk Indonesia dan mengharumkan Kabupaten Blora. 

"Dengan adanya bantuan dari Kemenpora ini sangat membantu sekali. Sangat diharapkan muncul Nafisatul dan Yasin baru di Blora," ungkapnya. 

"Mudah mudahan, dua tiga tahun kedepan sudah terlihat dengan jelas, apa yang dihasilkan dari identifikasi bakat ini," pesannya. 

Sementara Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora Kunto Aji sangat mengapresiasi kegiatan dari Kemenpora ini. 

"Yang terpenting disini adalah follow upnya. Nanti kami KONI dan cabor nya untuk menindaklanjuti," ucap Kunto. 

Dikayakannya, jika ini sudah ada identifikasi bakatnya, nanti ketemu berapa terus di bina. 

"Nantinya daerah dan Kemenpora akan bersambung lah. Kami berharap Blora bisa menelorkan atlet berprestasi selanjutnya," pungkasnya. (kim)

Baca juga: 5 Doa Harian yang Dibaca Saat Besiap di Pagi Hari Lengkap, Arab Latin dan Artinya

Baca juga: Chord Kunci Gitar Rasah Dadi Pelangi Putri Kristya

Baca juga: Kasus Mayat di Ruang Tamu, Polisi Kejar Anak Kandung Korban Sampai Solo, Ditemukan Pisau di Tasnya

Baca juga: Rutin Jalan Kaki 2 Jam Tiap Pagi, Ganjar; Hari Ini Kita Melawan Osteoporosis

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved