Berita Jepara

Jelang Haul ke-118, Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta Ziarah ke Makam Kartini

Jelang khaul R.A Kartini ke 118, Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta beserta sejumlah pimpinan perangkat daerah melakukan ziarah ke makam.

(Dok. Humas Pemkab Jepara).
Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta berziarah ke makam RA Kartini di Kabupaten Rembang. Aktivitas ini ia jalankan jelang haul ke-118 RA Kartini. 

TRIBUNJATENG.COM, REMBANG - Jelang khaul R.A Kartini ke 118, Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta beserta sejumlah pimpinan perangkat daerah melakukan ziarah ke makam Kartini di Bulu, Rembang, Kamis (15/9/2022). Sebelum ziarah, Edy beserta rombongan diterima oleh Bupati Rembang Abdul Hafidz di Pendopo Museum Kartini Rembang.

Orang nomor satu di kota ukir itu juga menyempatkan berkeliling museum Kartini untuk melihat koleksi peninggalan Kartini di museum itu. Ditemani Bupati Rembang Abdul Hafidz, Edy yang sebelumnya sempat menjadi Penjabat Sekda Rembang ini melihat satu persatu koleksi museum Rembang ini.

Napak tilas ke Rembang ini dilakukan jajaran Pemkab Jepara untuk mengenang perjuangan pahlawan emansipasi wanita tersebut. Kunjungan ke Rembang ini sekaligus menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Rembang. 

Edy mengungakpkan jika Jepara dan Rembang memiliki kedekatan historis. Karena saat itu, Raden Ajeng Kartini sebagai putri Jepara dipersunting dan diboyong ke Rembang oleh Raden Adipati Joyodiningrat pada 12 November 1903. 

"Kita sama-sama memiliki R.A Kartini. Kalau di Jepara tempat lahir Kartini, Rembang ini adalah tempat peristirahatan terakhir beliau," kata Edy Supriyanta.

Secara geografis Kabupaten Rembang dan Jepara juga hampir sama. Karena berada di wilayah pesisir Pulau Jawa. Selain pantai, juga mempunyai potensi pegunungan. 

"Rekam jejak pemerintahan Rembang dan Jepara hampir sama. Kita sama - sama menjadi bagian penting perjuangan R.A Kartini," jelas dia.

Lebih lanjut Edy mengungkapkan dengan  ziarah ini harapannya akan membawa keberkahan dan kebaikan bagi masyarakat Jepara. Karena RA Kartini merupakan sesepuh dan leluhur di Jepara.

"Kami juga mohon doa dari semuanya agar Kartini bisa diangkat menjadi Memory of The World ditingkat Asia Pacific," ungkapnya.

Bupati Rembang Abdul Hafidz mengucapkan Terima kasih atas kunjungan bupati ke Kabupaten Rembang. Ia juga berjanji akan melakukan kunjungan balasan ke Kabupaten Jepara dalam waktu dekat. 

"Kami juga akan melakukan kunjungan ke Jepara. Kami ingin melihat dekat Karimunjawa," ujar dia. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved