Berita Ungaran

Keindahan Alam dan Pegunungan yang Bisa Dilihat dari Puncak Gunung Telomoyo Kabupaten Semarang

Ini keindahan alam dan sejumlah pemandangan yang dapat terlihat dari Puncak Telomoyo.

Penulis: Reza Gustav Pradana | Editor: sujarwo
TRIBUN JATENG/REZA GUSTAV
Pemandangan Gunung Merbabu dilihat dari puncak Gunung Telomoyo, Kabupaten Semarang, Jumat (16/9/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, KABUPATEN SEMARANG -  Berikut ini keindahan alam dan sejumlah pemandangan yang dapat terlihat dari Puncak Gunung Telomoyo, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang.

Dari puncak gunung setinggi sekitar 1.894 mdpl tersebut, tepatnya di tempat wisata dan titik lepas landas olahraga gantole, terdapat sejumlah pemandangan alam menuju ke arah utara dan barat lait.

Dua di antara yang paling mencolok yakni Danau Rawa Pening dan Gunung Ungaran.

Selain itu, nampak juga perkebunan dan hutan nan rimbun dan hijau dan nampak makin indah ketika tersinari cahaya matahari.

Dari lokasi tersebut, jika pengunjung melihat ke arah barat, akan terlihat Gunung Sindoro Sumbing yang puncaknya berada di wilayah Kabupaten Temanggung.

Jika cuaca cerah, dari sana wisatawan juga bisa melihat Gunung Lawu jika menghadap ke arah Tenggara.

Sementara itu, turun beberapa ratus meter dari lokasi lepas landas gantole, nampak pemandangan dari puncak Gunung Telomoyo ke arah barat daya atau sisi sebaliknya.

Pemandangan Gunung Merbabu dilihat dari puncak Gunung Telomoyo, Kabupaten Semarang, Jumat (16/9/2022).
Pemandangan Gunung Merbabu dilihat dari puncak Gunung Telomoyo, Kabupaten Semarang, Jumat (16/9/2022). (TRIBUN JATENG/REZA GUSTAV)

Sejumlah warung di sana bisa menjadi spot dan tempat bersantai untuk menikmati pemandangan alam meliputi Gunung Merbabu dan Gunung Andong.

“Di sini pemandangan alamnya bagus, bisa sambil makan mi rebus, minum kopi dan menikmati camilan,” kata Yahmini (32), satu di antara pemilik warung di sana kepada Tribunjateng.com, Jumat (16/9/2022).

Suhu udara di puncak Gunung Telomoyo sendiri berkisar antara 15 sampai 22 derajat Celcius saat siang hari.

Bagi wisatawan yang menggunakan motor matic, saat perjalanan pulang menuruni gunung, disarankan untuk sering-sering mengecek kondisi piringan rem.

Jika piringan rem mulai memanas, disarankan untuk menyiramnya dengan air atau menunggu beberapa menit untuk mendinginkannya. (*)
 
 

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved