Berita Karanganyar

Diskominfo Karanganyar Gelar Workshop Jurus Cerdas Tangkal Hoaks

Diskominfo Karanganyar menggelar workshop bertajuk Jurus Cerdas Tangkal Hoaks di rumah makan wilayah Kecamatan Ngargoyoso

Penulis: Agus Iswadi | Editor: rival al manaf
Dokumentasi Diskominfo Karanganyar
Pemateri sekaligus Wakil Ketua Komite Organisasi & PSDM Demisioner Mafindo, Erwina Tri menyampaikan materi dalam acara workshop Jurus Cerdas Tangkal Hoaks di rumah makan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Diskominfo Karanganyar menggelar workshop bertajuk Jurus Cerdas Tangkal Hoaks di rumah makan wilayah Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar pada Jumat (16/9/2022). 

Dalam acara tersebut, Diskominfo Karanganyar menggandeng Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) Soloraya. Berdasarkan data yang dihimpun, Mafindo telah mengantongi sejumlah 1.888 informasi hoaks selama 2021. Dari data tersebut 24,7 persen isu mengenai kesehatan dan 22,7 persen isu mengenai politik. 

Pemateri sekaligus Wakil Ketua Komite Organisasi & PSDM Demisioner Mafindo, Erwina Tri menyampaikan, informasi hoaks tersebut paling banyak disebarkan melalui media jejaring sosial. Oleh karena itu pihaknya mengajak kepada para peserta yang merupakan pegiat media sosial supaya waspada mengingat sebentar lagi memasuki kontestasi politik Pemilu 2024. 

Dia meminta kepada pengguna media sosial supaya lebih mencermati situs yang digunakan untuk menyebarkan informasi, periksa fakta, mengikuti grup-grup diskusi dan jangan hanya membaca judul.  

"Hingga pilpres 2019, hoaks tetap dianggap efektif untuk digunakan dalam berbagai kontestasi, baik kontestasi politik di berbagai level maupun kontestasi ideologi," katanya. 

Plt Kepala Diskominfo Karanganyar, Sujarno mengatakan, penggunaan teknologi informasi kian berkembang pesat. Mulai dari sektor pendidikan dan ekonomi saat ini menggunakan aplikasi. Hal tersebut berbeda dengan zaman dulu. 

"Workshop kali ini mudah-mudahan memotivasi kita semua, baik dari kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dan pegiat media sosial bermitra dengan Kominfo untuk menangkal hoaks," ucapnya. (Ais)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved