Berita Solo

UNESCO Serahkan secara Simbolis Gamelan sebagai Warisan Budaya Tak Benda

Penampilan karawitanmewarnai penyerahan simbolis sertifikat warisan budaya tak benda.

Penulis: Muhammad Sholekan | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Muhammad Sholekan
Sekjen Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Suharti memberikan sertifikat Gamelan sebagai warisan tak benda yang diberikan oleh UNESCO kepada Rektor ISI Solo I Nyoman Sukerta di Balai Kota Solo, Jumat (16/9/2022) malam. 

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Penampilan karawitan dari berbagai kelompok gamelan mewarnai penyerahan simbolis sertifikat warisan budaya tak benda (Intangible Cultural Heritage) dari UNESCO, Jumat (16/9/2022) malam.

Gelaran bertajuk Mahambara Gamelan Nusantara, Gamelan Indonesia untuk dunia itu memukau ribuqn mata penonton yang hadir malam itu.

Kegiatan yang dimulai pukul 20.00 WIB itu dimulai dengan penampilan Kelompik Gamelan Ageng melalui Tribut Rahayu Supanggah sebagai bentuk penghormatan terhadap Guru Besar ISI Solo.

Yakni empu gamelan sekaligus inisiator pengajuan gamelan sebagai warisan budaya ke UNSCO sejak beberapa tahun terkahir sampai bisa diakui pada 15 Desember 2021 lalu.

Tak berhenti di sana, sedikitnya lima kelompok gamelan dari berbagai gaya terus menghibur hingga pukul 20.00 WIB itu. 

Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kemendikbudristek, Restu Gunawan mengucap banyak terima kasih atas semua pihak yang ikut memeriahkan kegaitan malam itu.

Khususnya pada tim dari ISI Solo dan yang lainnya hingga akhirnya Gamelan bisa diakui oleh dunia lewat sertifikat warisan budaya tak benda UNESCO.

"Terima kasih akhirnya seremonial penyerahan sertifikat bisa dilakukan hari ini. Kerja keras kami bersama kawan-kawan dari Solo akhirnya membuahkan hasil pengakuan ini," ucapnya.

Dia menyampaikan, penyerahan tersebut semestinya dilakukan tahun lalu, namun tidak mengurangi makna dari kegiatan ini. 

"Sekaligus tribute untuk Prof. Rahayu Supanggah yang mendedikasikan hidupnya untuk gamelan hingga akhirnya sampai seperti ini," jelasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved