Liga 2

500 Personel Gabungan Diterjunkan untuk Amankan Laga Persipa Pati vs Persijap Jepara

Polres Pati menerjunkan 500 personel gabungan untuk gamankan jalannya laga Liga 2.

Penulis: Mazka Hauzan Naufal | Editor: sujarwo
Humas Polres Pati
Pengamanan di Stadion Joyokusumo Pati saat berlangsungnya laga Persipa Pati vs Persijap Jepara, Minggu 18 September 2022. 

TRIBUNMURIA.COM, PATI - Polres Pati menerjunkan 500 personel gabungan untuk mengamankan jalannya pertandingan Liga 2 yang mempertemukan Persipa Pati dan Persijap Jepara, Minggu 18 September 2022.

Petugas pengamanan gabungan terdiri atas 70 Personel TNI, 380 Personel Polri, 30 personel Brimob, 10 personel Dishub, dan 10 Personel Satpol PP.

Mereka disebar di berbagai ring yang ada di Stadion Joyokusumo, Pati.

Wakapolres Pati Kompol Asfauri mengatakan, pengamanan dibagi menjadi beberapa ring-ring vital yang ada di area Stadion Joyokusumo Pati.

"Jumlah petugas pengamanan gabungan sebanyak 500 personel, kami sebar ke beberapa titik seputaran stadion mulai dari ring di sekitar jogging track, tribun penonton, penonton VIP dan VVIP, gerbang screening pintu masuk, gerbang masuk stadion, parkir penonton, hingga pengawalan pemain dan supporter dari masing-masing tim," ujar Asfauri.

Selain itu, Asfauri juga mengatakan, pengamanan akan dilakukan baik saat kedatangan pemain maupun kepulangan. 

Ia mengatakan hal tersebut dilakukan sebagai bentuk pelayanan Polri kepada masyarakat dalam menjamin keamanan sekaligus mengantisipasi jika ada kejadian yang tak diinginkan.

"Kami antisipasi penuh terhadap para suporter agar tidak memasuki area lapangan, melempar botol, menyalakan flare/kembang api bahkan misalkan mereka berorasi meminta agar pelatih atau wasit keluar dari lapangan. Kami perketat pengamanan di stadion. Kami akan mengamankan kedatangan maupun kepulangan dengan melakukan pengawalan baik dari Sat Samapta maupun Brimob," kata Asfauri.

Pengamanan di Stadion Joyokusumo Pati saat berlangsungnya laga Persipa Pati vs Persijap Jepara, Minggu 18 September 2022.
Pengamanan di Stadion Joyokusumo Pati saat berlangsungnya laga Persipa Pati vs Persijap Jepara, Minggu 18 September 2022. (Humas Polres Pati)

Asfauri pun menjelaskan bahwa rute pengawalan setelah pertandingan usai para pemain dan suporter Persijap Jepara akan diarahkan melalui jalur utara.

Hal ini dimaksudkan untuk mencegah kejadian bentrok seperti beberapa waktu yang lalu saat supporter Persijap Jepara melintasi Kabupaten Kudus. 

Asfauri menambahkan, dalam laga pertandingan sebelumnya, pihaknya tidak menemukan hal-hal yang membahayakan. 

Namun, petugas gabungan tetap akan memperketat penjagaan.

"Kami bersyukur berkat kesiapsiagaan petugas pengamanan gabungan laga pertandingan sebelumnya, Persipa Pati melawan FC Bekasi City berjalan dengan aman, tidak ditemukan miras atau sajam. Tapi tetap nanti penjagaan akan kami perketat," tegas dia. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved