Berita Internasional

Promotor Bitconnect Dijatuhi Hukuman Penjara Setelah Menipu 4.500 Orang Dari 95 Negara

Platform investasi cryptocurrency BitConnect terbukti melakukan skema ponzi senilai 2,4 miliar dolar Amerika atau setara Rp 35,8 triliun.

Editor: raka f pujangga
www.fendy.web.id
BITCOIN 

TRIBUNJATENG, SAN DIEGO - Promotor Bitconnect dijatuhi hukuman 3 tahun 2 bulan karena telah menipu sedikitnya 4.500 orang yang berasal dari 95 negara.

Platform investasi cryptocurrency BitConnect terbukti melakukan skema ponzi senilai 2,4 miliar dolar Amerika atau setara Rp 35,8 triliun (kurs : Rp 14.950)

Arcaro dijatuhi hukuman pada akhir pekan lalu di pengadilan federal di San Diego, di mana dia mengaku bersalah pada September 2021.

Arcaro mengakui, dia secara curang memasarkan penawaran koin milik BitConnect dan pertukaran mata uang digital sebagai investasi yang menguntungkan. 

BitConnect membayar investor awal menggunakan uang yang diterima dari investor selanjutnya.

BitConnect menutup bursanya pada Januari 2018 setelah mendapatkan surat penghentian dan penghentian dari regulator negara bagian di Texas dan North Carolina.

“Kejahatan fiskal yang menggabungkan daya pikat cryptocurrency dengan teknologi baru dan strategi pemasaran yang cerdas tidak memiliki batas dan sering kali dimulai melalui hubungan yang dibangun berdasarkan kepercayaan, harapan, dan janji,” kata Agen Khusus FBI Gregory Nelsen, yang menjalankan kantor agen di Cleveland dikutip dari Bloomberg, Minggu (18/9).

Pendiri Bitconnect Satish Kumbhani, dari Hemal, India, didakwa tahun ini karena memimpin penipuan. Tetapi Komisi Sekuritas dan Bursa AS, mengatakan ada kemungkinan telah melarikan diri dari India ke alamat yang tidak diketahui di negara asing.

Sehari setelah BitConnect ditutup, salah satu promotor Kumbhani yang berbasis di Korea Selatan memperingatkan beberapa orang berbicara tentang bunuh diri dan bahwa banyak investor Korea menginvestasikan semua yang mereka miliki.

Pada bulan November lalu, jaksa mengatakan mereka akan menjual sekitar US$ 57 juta dalam cryptocurrency yang disita dari Arcaro.

Seorang hakim kemudian menyetujui untuk melakukan penjualan. (*)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul "Terbukti Jalankan Skema Ponzi, Promotor BitConnect Dijatuhi Hukuman Penjara 38 Bulan".

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved