Berita Kudus

137 Warga Binaan Rutan Kudus Jalani Pemeriksaan HIV dan TB, Ini Hasilnya

Kepala Rutan Kelas IIB Kudus, Suprihadi, mengatakan, skrining ini sangat bermanfaat bagi warga binaan untuk deteksi dini pada kasus HIV dan TB Paru. 

Penulis: Rifqi Gozali | Editor: raka f pujangga
Dok. Humas Rutan Kelas IIB Kudus
Petugas kesehatan tengah mengambil sampel darah warga binaan Rutan Kelas IIB Kudus dalam skrining HIV dan TB, Senin (19/9/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Sebanyak 137 warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Kudus menjalani skrining HIV dan tuberkulosis (TB) pada Senin 19 September 2022. Skrining yang dilakukan oleh dinas kesehatan setempat tersebut sebagai bentuk deteksi dini dan pencegahan.

Dalam skrining tersebut melibatkan delapan tenaga kesehatan ditambah empat tenaga kesehatan dari Puskesmas Wergu Wetan. 

Kepala Rutan Kelas IIB Kudus, Suprihadi, mengatakan, skrining ini sangat bermanfaat bagi warga binaan untuk deteksi dini pada kasus HIV dan TB Paru. 

"Ini adalah kerja sama kami dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus serta Puskesmas Wergu. Skrining ini dapat bermanfaat bagi warga binaan kami karena hal ini merupakan langkah pencegahan pada penyakit menular khususnya HIV dan TB. Para warga binaan tidak perlu takut karena dengan adanya skrining, akan diketahui kondisi kesehatannya. Kami berharap warga binaan kami dalam kondisi sehat," kata Suprihadi.

Sementara itu Kepala Bidang Pencegahan Penyakit Menular pada Dinas Kesehatan Kudus, Darsono, mengatakan, skrining ini bertujuan untuk pencegahan serta penanganan lebih cepat dan tepat pada warga binaan  apabila terjangkit penyakit menular. 

"Pada kesempatan kali ini, VCT mobile dan skrining TB dilaksanakan selain untuk pencegahan juga sebagai penanganan penyakit menular yang lebih cepat dan tepat. Apabila terdapat hasil yang positif, akan kami berikan terapi yang tepat sebelum semua terlambat," kata Darsono. 

Hasil kalkulasi skrining pada 137 orang warga binaan dilakukan pengambilan sampel darah. Hasilnya tidak ada yang terdeteksi HIV. Kemudian 26 di antara warga binaan dilakukan pengambilan sampel sputum dikarenakan terduga TB. Hasilnya masih menunggu dari petugas kesehatan.

Perlu diketahui, VCT atau Voluntary Counseling Test adalah upaya pencarian atau penemuan penderita HIV/AIDS secara mobile/keliling yang menyasar ke sasaran kelompok berisiko. Sedangkan TB atau tuberkulosis merupakan penyakit menular akibat infeksi bakteri mycobacterium tuberculosis.

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved