Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Keren, Mahasiswa Geografi UMP Juara Desain Peta Internasional

Dijelaskan Anang, seluruh proses dikerjakan dengan menggunakan teknologi Sistem Informasi Geografi (SIG).

Penulis: Abduh Imanulhaq | Editor: galih permadi
Istimewa
Hercules Pungky mahasiswa Pendidikan Geografi UMP 

TRIBUNJATENG.COM - Prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP).

Kali ini, Hercules Pungky mahasiswa Pendidikan Geografi UMP berhasil meraih juara tiga diajang desain Peta Internasional bertajuk The 2022 Mappy Challenge yang diselenggarakan oleh Spatialnode.

Ia berhasil menyisihkan pesaing tingkat dunia seperti dari Eropa, Jepang, dan Amerika Selatan.

Kaprodi Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMP Dr. Anang Widhi Nirwansyah, M.Sc mengatakan spatialnode merupakan komunitas internasional yang bergerak di bidang proyek geospasial.

Di sana juga penyedia tenaga ahli geospasial di berbagai negara.

“Dengan mengetengahkan model Coastal Vulnerability Index (CVI) wilayah Cirebon, Hercules yang saat ini tengah menyiapkan penelitian skripsi di bidang kebencanaan, menampilkan peta kerentanan wilayah pesisir dengan analisis multikriteria,” katanya, Selasa (20/9/2022) di Purwokerto.

Hercules Pungky mahasiswa Pendidikan Geografi  UMP B
Hercules Pungky mahasiswa Pendidikan Geografi UMP

Dijelaskan Anang, seluruh proses dikerjakan dengan menggunakan teknologi Sistem Informasi Geografi (SIG).

SIG ini salahsatu kelompok matakuliah yang diajarkan di Program Studi Pendidikan Geografi dan menjadi keunggulan prodi geografi di UMP.

Sementara itu, Hercules merasa bangga, senang, sekaligus terkejut saat Spatialnode mengirimkan email untuk kemenangannya.

“Proyek ini merupakan pengembangan dari salah satu matakuliah SIG yang saya ambil untuk mendukung pengembangan kompetensi sebagai calon guru geografi dan ahli geografi,” jelasnya.

Lebih lanjut Hercules mengatakan, prestasi yang diraih juga menjadi pelecut semangat untuk dirinya dan mahasiswa lain untuk terus belajar.

Hercules Pungky mahasiswa Pendidikan Geografi  UMP D
Hercules Pungky mahasiswa Pendidikan Geografi UMP

“Mudah-mudahan ini bisa jadi untuk mengembangkan kemampuan pengolahan data geospasial di bidang kebencanaan yang saat ini banyak diperlukan di berbagai bidang,” pungkasnya.(ana/tgr)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved