Berita Semarang

KKP Akan Menggalangkan Bulan Cinta Laut di Seluruh Indonesia

Trenggono menuturkan ada lima progam utama berbasis ekonomi biru untuk menyeimbangkan kepentingan lingkungan dan ekonomi.

TRIBUNJATENG.COM,SEMARANG - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan menggalangkan bulan cinta laut yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia.

Bulan cinta laut merupakan 5 program biru yang disampaikan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono  saat menjadi keynote speaker dalam Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Perikanan dan Kelautan Indonesia pada Seminar Nasional Bertajuk Society 5.0 dan Ketahanan Bencana untuk Pembangunan Pesisir Berkelanjutan di Gedung Prof. Soedarto Universitas Diponegoro, Selasa (20/9/2022),

Trenggono menuturkan ada lima progam utama berbasis ekonomi biru untuk menyeimbangkan kepentingan lingkungan dan ekonomi.

Pertama perluasan kawasan konservasi perairan mencapai 26,4 juta hektare dari target 32,5 juta hektare pada 2030. 

" Fokus utama adalah pengelolaan yang efektif untuk menjaga fungsi serapan karbon biru dan sebagai tempat pemijahan ikan," ujarnya.

Baca juga: Delapan Serdik Sespimmen Polri KKP di Batang, Puji Penerapan Call Center 112

Kedua, penangkapan ikan terukur berbasis kuota di enam zona yang ditetapkan oleh pemerintah. Hal ini untuk menekan overfishing sehingga stok ikan terjaga dan terkelola dengan baik.

“Untuk membuat tata kelola laut menjadi legal, regulated and reported, Indonesia menetapkan kebijakan penangkapan ikan secara terukur yang berbasis kuota. Kebijakan ini akan diperuntukan kepada nelayan tradisional dan industri," terangnya.

Ketiga, peningkatan perikanan budidaya berkelanjutan dengan mendorong pengembangan komoditas unggulan, yaitu  udang, kepiting, lobster, rumput laut, dan ikan bernilai ekonomis tinggi.

Keempat,  menjamin wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil terjaga dengan baik, pemerintah melakukan penataan ruang laut, pesisir, dan pulau-pulau kecil. Selain itu  memastikan kegiatan yang memanfaatkan ruang laut sesuai dengan alokasi, daya dukung, dan mitigasi dampaknya.

"Terakhir untuk menjaga kesehatan laut,satu program utama KKP adalah Bulan Cinta Laut. Program ini dilaksanakan melalui aksi bersih sampah laut di Indonesia dengan melibatkan nelayan,” paparnya.

Terkait Bulan cinta laut akan dilakukan dari 1 hingga 26 Oktober 2022 dilakukan secara serentak. Pihaknya akan mengusulkan kepada menteri Keuangan agar memberikan kompensasi kepada nelayan bersumber dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNPB) hasil penjualan ikan.

 "Kami usulkan PNPB tersebut dibagikan kepada para nelayan sebagai kompensasi khususnya nelayan lokal agar tidak kehilangan mata pencaharian," ujar dia. 

Baca juga: Hadir di UKSW, Menteri KKP Paparkan Strategi Ekonomi Biru dan Tantang Riset PT

Ia menuturkan program bulan cinta laut akan disampaikan Presiden Joko Widodo pada forum G20. Hal tersebut dianggap penting agar peserta forum G20 mengetahui cara Pemerintah Indonesia menangani laut.

Sementara itu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga mendukung adanya program ekonomi biru  sebagai upaya transisi dari pembangunam berbasis daratan menuju pembangunam berbasis kelautan.

"Kalau kita kalkulasi kekayaan laut kita luar biasa, ini menjadi modal penting dalam ocean based oriented," tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved