Berita Batang

Bawaslu Batang Buka Rekrutmen Panwascam, Ini Lho Persyaratannya

Dalam rekrutmen kali ini akan dipilih 45 pengawas, untuk ditempatkan di 15 kecamatan di Kabupaten Batang

Penulis: dina indriani | Editor: muslimah
TribunJateng.com/Dina Indriani
Ketua Bawaslu Batang, Mahbrur dan Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Kabupaten Batang, Khadik Anwar mempersiapkan pendaftaran Panwascam. 

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Menghadapi tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Batang membuka kesempatan dan mengajak masyarakat untuk berperan aktif mengawasi Pemilu 2024 melalui rekrutmen Pengawas kecamatan (Panwascam).

Dalam rekrutmen kali ini akan dipilih 45 pengawas, untuk ditempatkan di 15 kecamatan di Kabupaten Batang

Ketua Bawaslu Kabupaten Batang, Mahbrur mengatakan tahun ini ada ketentuan baru, yaitu adanya keterwakilan 30 persen perempuan.

Hal ini sesuai dengan amanah pasal 92 ayat 11 UU No.7 Tahun 2017 dan Pasal 5 ayat (3) Perbawaslu No.19 Tahun 2017. 

"Pendaftarannya sendiri dibuka mai hari ini 21 sampai 27 September 2022, dan sesuai dengan ketentuan baru, kali ini Bawaslu Batang memberikan kuota keterwakilan untuk perempuan, dengan minimal sekitar 30 persen tiap kecamatannya, ketika saat pendaftaran belum terpenuhi, maka pendaftaran akan diperpanjang," tuturnya kepada Tribunjateng.com.

Dikatakannya, jumlah pendaftar minimal adalah dua kali kebutuhan yang disediakan.

"Jika belum sesuai ketentuan dan kebutuhan makan pendaftaran akan diperpanjang," imbuhnya.

Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Kabupaten Batang, Khadik Anwar menambahkan ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dilengkapi jika masyarakat berminat menjadi anggota Panwascam.

Seperti WNI dengan umur minimal 25 tahun, tidak pernah dipidana lima tahun lebih, setia pada NKRI, tidak pernah menjadi anggota parpol selama lima tahun terakhir, mampu secara jasmani dan rohani, dan bebas narkotika serta syarat lainnya.

"Untuk PNS pun bisa mengikuti seleksi ini asalkan mendapatkan izin dari atasan untuk bisa bekerja secara penuh, yang terpenting punya keahlian terkait penyelenggaraan pemilu, pengawasan pemilihan dan lainnya," imbuhnya. 

Sedangkan untuk kelengkapan administrasi, dokumen lengkap bisa diunduh melalui website Bawaslu Batang.

Informasi ini juga bisa diakses di Kantor Bawaslu Batang, ataupun papan pengumuman di masing-masing kecamatan.

Berkas nantinya bisa dikirim via pos, atau langsung datang ke kantor Bawaslu Batang, atau juga bisa dikirim melalui email.

“Silakan masyarakat di seluruh Kabupaten Batang bisa ikut berperan aktif awasi pemilu dengan menjadi Panwascam, untuk itu silahkan mempersiapkan diri dan menyiapkan kelengkapan berkas persyaratannya. ” pungkasnya. (din)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved