Berita Banyumas

Festival Jawara Satria 2022, Bentuk Kolaborasi Seniman, UMKM Subang dan Banyumas

Para pemuda di Desa Gerduren bersama Desa Rancamanggung gelar festival jawara satria.

Penulis: Permata Putra Sejati | Editor: sujarwo
Ist. Pemerintah Desa Gerduren
Susana pementasan seni Tari Sugriwa Subali dari Subang dan Kentongan dari Banyumas saat dipentaskan dalam Festival Jawara Satria 2022, Selasa (20/9/2022) di Wisata Pertapan Desa Gerduren Kecamatan Purwojati, Banyumas. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, BANYUMAS - Para pemuda di Desa Gerduren, Kecamatan Purwojati, Kabupaten Banyumas, bersama Desa Rancamanggung, Kecamatan Tanjungsiang Subang Selatan menyelenggarakan Festival Jawara Satria 2022, Selasa (20/9/2022). 

Festival ini adalah bentuk Kolaborasi kesenian antara Wisata Bukit Dewi Manggung Desa Rancamanggung, Kecamatan Tanjungsiang, Subang Selatan dan Wisata Pertapan Desa Gerduren Kecamatan Purwojati, Banyumas.

Acara ini rencananya akan menjadi acara tahunan yang digelar setiap Hari Pahlawan 10 November. 

Acara ditandai dengan pembukaan kegiatan kolaborasi kesenian bersama di Wisata Pertapan Desa Gerduren yang berada di area bukit Perhutani Banyumas.

Acara ini digagas oleh Wisata Bukit Dewi Manggung (BuDeMang) Tanjungsiang Subang Selatan. 

Acara ini juga sebagai ajang silaturahmi keluarga besar masyarakat Jawa Barat khususnya Subang Selatan yang tinggal di Banyumas Jawa Tengah.

Sekaligus menjadi wujud kolaborasi budaya antar dua Kota Karesidenan bahkan dengan kota lainnya.

Direktur Utama Wisata Bukit Dewi Manggung, Teges Ratna Ayu Ningrum (25) menyampaikan kolaborasi ini menjadi tindak lanjut dari kesepakatan kerja sama yang sudah ditandatangani bersama Ketua Desa Wisata Nusantara Banyumas, Bapak Eko Katamto.

"Kedua Kabupaten sama-sama punya kekuatan soal budaya dan pariwisata. Dengan potensi yang ada, Subang Selatan optimistis bisa membangun kolaborasi yang bermanfaat bagi masyarakat. Acara ini bisa mempererat persaudaraan Banyumas dan Subang Selatan dalam hal Kesenian, budaya, UMKM dan pariwisata," terangnya sebagaimana dalam rilis kepada Tribunbanyumas.com. 

Susana pementasan seni Tari Sugriwa Subali dari Subang dan Kentongan dari Banyumas saat dipentaskan dalam Festival Jawara Satria 2022, Selasa (20/9/2022) di Wisata Pertapan Desa Gerduren Kecamatan Purwojati, Banyumas.
Susana pementasan seni Tari Sugriwa Subali dari Subang dan Kentongan dari Banyumas saat dipentaskan dalam Festival Jawara Satria 2022, Selasa (20/9/2022) di Wisata Pertapan Desa Gerduren Kecamatan Purwojati, Banyumas. (Ist. Pemerintah Desa Gerduren)

Festival Jawara Satria menghadirkan berbagai pertunjukan seni tari-tarian Subang Selatan dan Banyumas.

Kepala Desa Gerduren, Bambang Suharsono, acara kolaborasi kesenian ini patut diapresiasi.

Karena selain Banyumas bangga memiliki Tari Lengger yang sudah diakui sebagai Wisata Tak Benda oleh UNESCO.

Tari Lengger Banyumasan memiliki kesamaan dengan Tari Ronggeng dari Jawa Barat.

Penampilan tarian keduanya menunjukkan pekerja seni melakukan inovasi dan kreasi sesuai budaya masing masing daerah. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved