Breaking News:

Berita Jateng

Gubernur Ganjar Minta Petugas Patroli Jalan Tol Dilengkapi Alat Pemadam

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo sarankan petugas patroli di jalan tol dilengkapi dengan sarana pemadaman lahan sederhana, semisal pompa air maupun emb

TRIBUNJATENG/Hermawan Endra
Mobil Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo langsung menepi saat melintas di Tol Bawen-Ungaran karena mendapati kepulan asap yang menganggu perjalanan, Senin (19/9/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo sarankan petugas patroli di jalan tol dilengkapi dengan sarana pemadaman lahan sederhana, semisal pompa air maupun ember.

Hal itu dikatakan Ganjar setelah ia melihat cara petugas yang dinilainya tidak cepat dalam memadamkan api. Hal itu dilihatnya saat melintas di ruas tol Bawen - Ungaran.

"Ketika saya turun, ada petugas TMJ di lapangan. Pemadaman hanya digepuki. Saya kira itu kurang cepat. Lantas saya bilang agar disiram saja," ujar Ganjar, Selasa (20/9/2022).

Baca juga: Detik-detik Kecelakaan Maut di Tol Pejagan-Pemalang Akibat Asap Tebal Bakar Rumput, 1 Meninggal

Baca juga: Daftar Korban Kecelakaan Beruntun di Tol Pejagan-Pemalang, 1 Meninggal 19 Luka

Ganjar menambahkan, alat pemadaman sederhana menurutnya sudah cukup sebagai langkah awal pemadaman api.

Selain itu, ia juga disarankan agar bekerja sama dengan KNKT untuk mengedukasi warga hal-hal yang bisa membahayakan bagi pengguna jalan, khususnya tol.

Ganjar juga minta kepala daerah yang wilayahnya dilewati tol untuk intens mengedukasi warganya.

Sebelumnya, kecelakaan maut beruntun terjadi di ruas tol Pejagan-Pemalang Km 253, Minggu (18/9) sore.

Kecelaakan yang melibatkan sedikitnya 13 kendaraan itu disebabkan pendeknya jarak pandang di ruas tol lantaran asap dari aktivitas pembakaran lahan pertanian di sekitar tol.

Ganjar menambahkan, pembakaran terkait dengan pertanian pada dasarnya juga terjadi di wilayah lain. Umumnya, pelaku pembakaran tidak tahu dampak dari aktivitasnya itu. Oleh sebab, guna mencegah peristiwa serupa, ia minta petugas terus berpatroli.

"Kalau perlu pakai drone langsung apinya kelihatan dan segera dipadamkan," tuturnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved