Berita Kabupaten Pekalongan

Hari ini Bawaslu Kabupaten Pekalongan Mulai Buka Pendaftaran Panwascam

Bawaslu Kabupaten Pekalongan akan merekrut sebanyak 57 anggota panwaslu kecamatan yang masing-masing akan bekerja di wilayah 19 kecamatan

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: muslimah

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pekalongan, hari ini membuka pendaftaran panitia pengawas pemilihan umum (Panwaslu) kecamatan untuk pemilu serentak tahun 2024.

Hal ini disampaikan oleh Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Kabupaten Pekalongan, Nur Anis Kurlia kepada Tribunjateng.com, Rabu (21/9/2022).

"Pendaftaran dan penerimaan berkas pendaftaran calon anggota panwaslu kecamatan dimulai pada Rabu tanggal 21-27 September 2022," kata Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Kabupaten Pekalongan, Nur Anis Kurlia.

Menurutnya, Bawaslu Kabupaten Pekalongan akan merekrut sebanyak 57 anggota panwaslu kecamatan yang masing-masing akan bekerja di wilayah 19 kecamatan di Kabupaten Pekalongan.

"Setiap kecamatan, berisi masing-masing tiga anggota panwaslu kecamatan," ujarnya.

Pihaknya menjelaskan, perekrutan Panwascam tersebut mengacu pada Pasal 132 UU No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilu yang menyebutkan bahwa anggota Panwaslu kecamatan diseleksi dan ditetapkan oleh Bawaslu Kabupaten/ Kota.

"Panwascam tersebut akan bertugas untuk mengawasi seluruh tahapan Pemilu tahun 2024," jelasnya.

Kemudian, untuk syarat-syaratnya untuk mendaftar tidak berbeda dengan tahun pemilu yang lalu. Seperti, warga negara Indonesia (WNI), ber KTP Kabupaten Pekalongan, minimal usia 25 tahun.

"Tidak pernah menjadi anggota partai politik, dan tidak pernah menjadi anggota tim kampanye. Pendidikan paling rendah SMA," imbuhnya.

Sementara itu, calon panwascam M Kholil Hambali warga Kecamatan Kesesi, mengatakan, ia mendapatkan informasi ada pendaftaran panwascam dari website Bawaslu Kabupaten Pekalongan.

"Hari ini saya mendaftar calon panwascam, untuk di wilayah Kesesi," katanya.

Ikut menjadi Panwascam, menurut Hambali ini sebagai kehormatan dan pengalaman pribadi.

"Saya sudah pernah ikut menjadi panwascam di pilkada 2020, tahun ini ikut lagi. Saya ikut karena ingin mengabdikan diri kepada negara Kesatuan Republik Indonesia," imbuhnya. (Dro)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved