Berita Kudus

Jelang HUT ke-473, Pemkab Kudus Terima Penghargaan dari BPJS Kesehatan

Jelang puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-473, Pemerintah Kabupaten Kudus mendapat penghargaan dari BPJS Kesehatan

Penulis: Rifqi Gozali | Editor: muslimah

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Jelang puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-473, Pemerintah Kabupaten Kudus mendapat penghargaan dari BPJS Kesehatan.

Penghargaan itu berkaitan dengan universal health coverage (UHC) atau cakupan peserta mencapai 95,34 persen.

Cakupan sebanyak 95,34 persen itu setara dengan 827.216 jiwa dari total penduduk 867.637 jiwa sampai pada 1 Agustus 2022.

Penyerahan penghargaan dilakukan langsung oleh Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan, David Bangun, kepada Bupati Kudus HM Hartopo di Pendopo Kabupaten Kudus 21 September 2022.

Dalam sambutannya, David mengatakan, UHC merupakan upaya melindungi segenap lapisan masyarakat mendapatkan layanan kesehatan tanpa kesulitan masalah keuangan.

Cakupan peserta di Kabupaten Kudus mencapai 95,34 persen ini mendekati target secara nasional yakni 98 persen. David mengatakan, cakupan sampai 98 persen itu ditarget akan tercapai pada 2024. Hal itu sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJMN).

Dari konsep kepesertaan yang ada, kata David, kepesertaan sebanyak 98 persen bisa tercapai lantaran ada beberapa klasifikasi peserta.

Yang pertama yakni peserta PBI atau peserta yang iurannya ditanggung oleh negara. Kemudian peserta pekerja, biaya iuran ditanggung oleh pemberi kerja dan pekerja.

Kemudian untuk peserta dari golongan mampu mereka harus bayar iuran setiap bulannya.

"Pada praktiknya memang tidak seideal itu untuk mencapai 98 persen peserta dari masyarakat. Untuk mencapai itu, peran pemerintah daerah sangat penting," katanya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved