HUT Kabupaten Kudus

Pasar Rakyat, Upaya Bangkitkan Ekonomi Pasca Pandemi

Rangkaian Hari Ulang Tahun ke-473 Kabupaten Kudus diisi dengan bermacam kegiatan

Penulis: Rifqi Gozali | Editor: sujarwo
Diskominfo Kudus
Bupati Kudus HM Hartopo meninjau pekan UMKM di Alun-alun Simpang Tujuh Kudus, Sabtu (10/9/2022). 

TRIBUNMURIA.COM, KUDUS - Rangkaian Hari Ulang Tahun ke-473 Kabupaten Kudus diisi dengan bermacam kegiatan. Mulai dari kegiatan bernuansa religi sampai kegiatan bernuansa pemberdayaan ekonomi kerakyatan.

Kegiatan bernuansa pemberdayaan ekonomi kerakyatan yakni digelarnya pasar rakyat. Kegiatan tersebut akan berlangsung sejak 22 sampai 26 September 2022.

Pasar rakyat yang bakal digelar di Jalan Sunan Kudus atau di lokasi tradisi dandangan itu akan diikuti oleh 300 pelaku usaha mikro kecil dan menengah. Pelaku usaha peserta pasar rakyat juga khusus warga Kudus.

"Bagaimana masyarakat bisa ikut berpartisipasi, ini hari jadi Kudus sekaligus tahun kebangkitan di sektor perekonomian," kata Bupati Kudus HM Hartopo.

Hartopo mengatakan, kegiatan serupa memang sudah sangat ingin pihaknya laksanakan. Hanya saja adanya pandemi Covid-19 mengakibatkan kegiatan yang bernuansa mendatangkan massa urung dilaksanakan.

Bupati Kudus HM Hartopo meninjau pekan UMKM di Alun-alun Simpang Tujuh Kudus, Sabtu (10/9/2022).
Bupati Kudus HM Hartopo meninjau pekan UMKM di Alun-alun Simpang Tujuh Kudus, Sabtu (10/9/2022). (Diskominfo Kudus)

"Jadi kegiatan ini merupakan bentuk dukungan kami kepada teman-teman pelaku UMKM," kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kudus, Sudiharti, mengatakan, pasar rakyat yang bakal digelar nanti bisa dikatakan mini dandangan. Area yang digunakan yakni sepanjang Jalan Sunan Kudus.

Sudiharti mengatakan, pasar rakyat tersebut merupakan bagian dari upaya mengangkat produk lokal dari pelaku UMKM di Kudus. Dagangan yang digelar mulai dari kerajinan tangan, kuliner, batik, sampai bordir. Selain produk yang dijual di pasar rakyat kurang mencerminkan kekhasan Kudus, akan disisihkan terlebih dulu. Pihaknya mengutamakan khas Kudus.

Selain itu, di sela-sela pagelaran pasar rakyat akan digelar pentas seni dan pagelaran musik yang diisi oleh pelajar maupun dari Organisasi Perangkat Daerah. Pengunjung pasar rakyat akan lebih dimanjakan matanya, lantaran akan dipasang kurang lebih 1.200 lampion yang membuat suasana bakal lebih menarik.

Dengan adanya pasar rakyat setidaknya produk usaha milik warga Kudus dikenal khalayak. Dengan begitu setidaknya ekonomi kerakyatan bisa terangkat. Hal itu selaras dengan target pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Kudus pada 2022 ini ditargetkan mencapai 2,5 persen.

Di antara cara yang ditempuh yakni dengan pengembangan UMKM. Termasuk pembekalan ekonomi keterampilan untuk calon pelaku usaha baru yang dialokasikan dari anggaran dana bagi hasil cukai dan tembakau.

Diketahui, selain pasar rakyat rangkaian ulang tahun ke-473 Kabupaten Kudus terdapat beberapa kegiatan yang sudah terlaksana. Mulai dari zikir bersama, pekan UMKM, Tour de Muria, pagelaran wayang kulit, karawitan.

Sementara pada 22 September 2022 bakal digelar tahlil dan ziarah ke Makam Sunan Kudus, kemudian khatmilquran, dan kenduri massal.

Puncaknya pada 23 September 2022 akan digelar apel hari jadi di halaman Pendopo Kudus dilanjut ziarah dan tabur bunga ke Makam Sedomukti Kaliputu. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved