Berita Kudus

Pemkab Kudus Siapkan Anggaran Pengendali Inflasi Rp 4,3 Miliar

Pemkab Kudus galokasikan anggaran pengendali inflasi pada tahun ini Rp 4,3 miliar.

Penulis: Saiful Ma'sum | Editor: sujarwo
TribunJateng.com/Rifqi Gozali
Ketua DPRD Kudus, Ma'san, saat sambutan dalam pemusnahan rokok ilegal di KPPBC Kudus, Selasa (26/7/2022) 

TRIBUNMURIA.COM, KUDUS - Pemerintah Kabupaten Kudus mengalokasikan anggaran pengendali inflasi pada tahun ini Rp 4,3 miliar.

Anggaran tersebut bakal dioptimalkan untuk mendongkrak perkonomian masyarakat.

Ketua DPRD Kudus, Mas'an mengatakan, pengalokasian dana itu sebagai upaya pemerintah daerah untuk menjaga inflasi di Kabupaten Kudus. 

Dalam pemanfaatannya, lanjut dia, difokuskan untuk para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan bidang transportasi. 

Namun, Mas'an memastikan, dalam pendistribusian dana ini akan dipetakan dan dikaji lebih lanjut oleh tim yang dibentuk bupati. Supaya dana yang disiapkan pemerintah bisa tersalurkan dengan tepat.

"Secara pendistribusiannya, siapa yang mendapatkan akan dikaji, dipantau, dan diawasi tim yang dibentuk bupati," terangnya, Rabu (21/9/2022).

Selain itu, Pemerintah Kudus juga bakal mengoptimalkan alokasi anggaran perubahan APBD 2022 yang saat ini masih dalam evaluasi gubernur Jawa Tengah. Dalam kurun waktu 14 hari ke depan, anggaran dari ketetapan APBD perubahan siap digunakan untuk mendukung program pembangunan Kabupaten Kudus. 

Bupati Kudus, Hartopo menyampaikan, pihaknya juga telah mengalokasikan hampir Rp 90 miliar atau 30 persen dari total alokasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) 2022 untuk penyaluran bantuan langsung tunai (BLT). Anggaran tersebut disalurkan kepada buruh rokok dan masyarakat yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Selain itu, Hartopo juga mendorong pengoptimalan anggaran Dana Desa (DD) 40 persen dan bantuan dana dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, untuk mendukung program penyaluran BLT agar merata di Kabupaten Kudus. 

"Saya apresiasi dukungan banyak pihak dalam upaya mengendalikan inflasi di Kabupaten Kudus pasca pandemi covid-19. Sejumlah anggaran sudah disiapkan untuk masyarakat yang berhak menerima," tuturnya. (*)
 

 

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved