Berita Kudus

Cegah Pungli, Kejari Batang Beri Penerangan Hukum Petugas Dishub

Kejaksaan Negeri Batang memberikan penerangan hukum kepada para petugas Dinas Perhubungan untuk mencegah pelanggaran hukum.

Penulis: dina indriani | Editor: raka f pujangga
dok Kejari Batang
Kepala Seksi Intelijen Kejari Batang, Ridwan Gaos Natasukmana saat memberikan penerangan hukum kepada petugas Dishub, Kamis (22/9/2022). 

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Kejaksaan Negeri Batang memberikan penerangan hukum kepada para petugas Dinas Perhubungan.

Hal itu untuk mencegah potensi pelanggaran hukum di lapangan oleh petugasnya seperti pungli, penggelapan retribusi dan lain sebagainya.

Kepala Seksi Intelijen Kejari Batang, Ridwan Gaos Natasukmana mengatakan penerangan hukum ini terkait upaya meminimalisir penyalahgunaan kewenangan atau dalam hal ini korupsi.

"Kami memberikan penerangan hukum kepada lembaga itu sebagai bagian dari upaya Kejaksaan untuk meminimalisir kejahatan ataupun pelanggaran hukum," tuturnya, Kamis (22/9/2022).

Baca juga: Video Kejari Karanganyar Tahan Satu Tersangka Kasus Korupsi BUMDes Berjo

Pihaknya mengingatkan jika negara kita adalah negara hukum, penerangan hukum itu diberikan sebagai langkah preventif daripada mengutamakan mengutamakan sikap represif.

Hal itu merupakan bagian dari supremasi hukum justru semakin banyak masyarakat yang ditindak akan bernilai buruk. 

"Imbasnya Lapas akan over kapasitas, kondisi demikian merupakan bagian dari kegagalan penegak hukum, karena tidak bisa melakukan langkah-langkah upaya preventif keberhasilan penegak hukum itu justru saat tidak ada yang dilakukan penyidikan, penahanan, dan persidangan," jelasnya

Menurutnya, di Dishub beberapa potensi pelanggaran hukum, seperti saat proses layanan publik KIR ataupun trayek.

Di situ bisa terjadi pelanggaran transaksional.

"Itu yang kami tegaskan, misalnya penggelapan retribusi parkir yang tidak disetorkan ke PNBP atau pengadaan barang dan jasa. Semua Dinas punya potensi yang sana itu yang kami sampaikan," tegasnya.

Ridwan menyebutkan jika saat ini belum ada laporan pelanggaran juga pengaduan terkait adanya dugaan pungli ataupun penyalahgunaan kewenangan di Dishub Batang.

Baca juga: Kejari Batang Ajak Pelajar Agar Melek Hukum

Sementara itu, Plt Kepala Dishub Kabupaten Batang Dwi Riyanto mengatakan jika pihaknya akan mengevaluasi jajarannya mulai dari program yang bersifat pelayanan maupun pendapatan yang berkaitan dengan rambu-rambu yang sudah disampaikan oleh Kejari Batang.

"Kami akan evaluasi dan mengawal terkait dengan program-program baik yang sifatnya pelayanan ataupun pendapatan yang dikelola oleh Dinas Perhubungan, rambu-rambu yang disampaikan jangan sampai dilanggar," pungkasnya.(din)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved