Breaking News:

Berita Regional

Guru Lulus Tes PPPK Dimintai Uang Rp 70 Juta, Setor Ke D Mengaku Pansel Nasional

Sejumlah guru yang lulus tes Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Ponorogo dimintai uang hingga Rp 70 juta.

Editor: m nur huda
TRIBUNNEWS
Ilustrasi uang - Sejumlah guru yang lulus tes Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Ponorogo dimintai uang hingga Rp 70 juta. 

TRIBUNJATENG.COM, PONOROGO - Sejumlah guru yang lulus tes Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Ponorogo dimintai uang hingga Rp 70 juta.

Uang sejumlah Rp 70 juta perorang itu disetor pada seorang pria berinisal D asal Kabupaten Jombang, Jawa Timur yang mengaku sebagai anggota Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) PPPK.

Penemuan dugaan adanya setoran itu diungkap oleh Tim Khusus.

“Ada komitmen bila lulus PPPK, per satu orang membayar Rp 60 hingga Rp 70 juta. Uang itu disetor kepada seseorang dengan inisial D asal Jombang yang mengaku sebagai Panselnas,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Ponorogo Andi Susetyo, Rabu (21/9/2022).

Andy menuturkan, jumlah uang yang diminta bagi pegawai lulus tes PPPK itu terbongkar setelah tim khusus bentukan Bupati Ponorogo memeriksa sejumlah korban.

Menurut Andi, setiap korban yang mengikuti rekrutmen P3K Guru melalui oknum berinisial D diwajibkan menyerahkan ijazah sekolah sebagai jaminan.

Tak hanya itu, bila lulus tes PPPK, kata Andy, korban dan komplotan yang dibentuk harus melakukan pembayaran Rp 60 juta hingga Rp 70 juta per orang.

Setelah uang dibayar, ijazah kemudian dikembalikan kepada korban.

Andy mengatakan uang itu dikumpulkan kemudian disetor ke D.

Total uang disetor dari guru yang lulus tes PPPK kepada D sebanyak Rp 600 juta.

Ia menambahkan kasus ini terbongkar setelah beberapa guru yang lulus tes PPPK tidak membayar sesuai komitmen pada D.

Guru yang lulus itu diancam, SK-nya akan dibatalkan bila tidak segera membayar uang yang sudah disepakati.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Terbongkar, Guru yang Lulus Tes P3K di Ponorogo Dimintai Uang hingga Rp 70 Juta Per Orang

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved