Berita Sragen

Layaknya Ibu-ibu, Iriana Jokowi Juga Tawar Harga Batik di Sragen

Iriana menawar harga batik ketika berkunjung di rumah produksi batik Windasari Desa Kliwonan, Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen, Kamis (22/3/2022).

Tribun Jateng/ Mahfira Putri Maulani
Iriana Jokowi usai berbelanja batik di toko batik Windasari, Masaran Sragen, Kamis (22/9/2022) 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – Menawar harga sudah lumrah dilakukan ibu-ibu ketika di pasar, swalayan hingga toko. Tak terkecuali Ibu negara, Iriana Joko Widodo yang juga menawar harga.

Iriana menawar harga batik ketika berkunjung di rumah produksi batik Windasari Desa Kliwonan, Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen, Kamis (22/3/2022).

Hal tersebut disampaikan Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati usai mendampingi Iriana berbelanja. Bupati mengatakan tawar menawar itu dilakukan Iriana dengan istri pemilik toko batik Windasari.

Untuk diketahui, pemilik toko batik Windasari ialah Aswanda dimana Aswanda sendiri merupakan Kepala Desa Kliwonan, Kecamatan Masaran, Sragen.

"Tadi sempat ada bercandaan ketika Bu lurah (istri pemilik toko Windasari) menawarkan batik kepada ibu (Iriana), lalu ibu menawar ojo larang-larang (jangan mahal-mahal) suasana jadi cair," ujarnya.

Baca juga: Iriana Jokowi Dijadwalkan Berkunjung ke Masaran Sragen, Berikan Bantuan Hingga ke Sentra Batik

"Biasanya kalau piantun putri membeli tidak menawar tidak afdol," kata Bupati usai kunjungan Iriana.

Pada kesempatan itu, tidak hanya batik Windasari saja yang dipamerkan.

Sedikitnya 13 perajin batik di Desa Kliwonan dan Desa Pilang juga turut menjajakan batiknya kepada Iriana dan rombongan.

Beberapa diantaranya mereka juga telah dibeli dagangannya oleh Iriana. Batik Dewi Ratih adalah Desa Pilang salah satunya.

Di tiko batik yang dimiliki Wartiti tersebut, Iriana membeli 11 potong baju. Tujuh diantaranya ialah blus dan empat outer.

Baca juga: Kolaborasi Antar Daerah, Wali Kota Pekalongan Punya Stasiun, Hotel Berbintang dan Sentra Batik

"Tadi ibu beli outer sama blus, outer-nya tujuh, blus empat. Harganya Rp 350 ribu dan 400 ribu. Total belanja Bu Iriana Rp 2,5 jutaan," katanya kepada Tribunjateng.com.

Watiti mengaku sangat senang dan tidak menyangka batik-batiknya bisa dibeli oleh Ibu Negara meskipun dirinya tidak sempat berfoto bersama.

"Seneng banget, tidak menyangka dibeli ibu negara walaupun tadi tidak sempat foto," kata Watiti sumringah.

Tidak hanya berbelanja batik, Iriana dan rombongan juga melihat secara langsung proses pembuatan batik tangan yang dilakukan oleh para ibu-ibu. (uti)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved