Berita Banyumas

Ke-11 Kalinya Pemkab Banyumas Raih Penghargaan Kemenkeu, Kategori 10 Kali WTP

Prestasi ditorehkan Pemkab Banyumas yang kembali meraih penghargaan dari Kemenkeu. 

Penulis: Imah Masitoh | Editor: sujarwo
Ist. Pemkab Banyumas
Pemkab Banyumas saat menerima penghargaan perolehan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Kemenkeu, Kamis (22/9/2922). 

TRIBUNJATENG.COM, BANYUMAS - Prestasi ditorehkan Pemerintah Kabupaten Banyumas yang kembali meraih penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu). 

Pemerintah Kabupaten Banyumas mendapat penghargaan terkait perolehan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam pelaporan keuangan pemerintah daerah. 

Kali ini, perolehan penghargaan dengan kategori 10 kali WTP Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). 

Penghargaan diberikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati kepada Asisten Administrasi dan Umum, Nugroho Purwoadi, yang mewakili Bupati Banyumas Achmad Husein, Kamis (22/9/2922). 

Penghargaan diberikan di Gedung Dhanapala Kementrian Keuangan bersamaan dengan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2022.

“Alhamdulillah, Pemkab Banyumas mendapatkan penghargaan kembali dan kami ucapkan terima kasih atas apresiasi Kementerian Keuangan. Penghargaan ini menjadi motivasi bagi ASN Pemkab Banyumas untuk lebih baik lagi dalam menjalankan tata kelola dan pelaporan keuangan pemerintah daerah,” kata Bupati Banyumas Achmad Husein. 

Pemkab Banyumas saat menerima penghargaan perolehan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Kemenkeu, Kamis (22/9/2922).
Pemkab Banyumas saat menerima penghargaan perolehan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Kemenkeu, Kamis (22/9/2922). (Ist. Pemkab Banyumas)

Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada DPRD Kabupaten Banyumas, karena kerja keras ASN Banyumas, selalu mendapat dukungan mulai dalam proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pengelolaan keuangan daerah.

Asisten Administrasi dan Umum Nugroho Purwoadi mengatakan, Kementerian Keuangan setiap tahunnya memberikan penghargaan kepada pemerintah, lembaga, dan pemerintah daerah sebagai entitas pelaporan keuangan. 

Penghargaan diraih atas perolehan opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI). 

Hingga tahun 2022 Pemkab Banyumas sendiri telah mendapatkan opini WTP sebanyak 11 kali.  

Menurutnya, untuk meraih opini WTP dari BPK, sekaligus penghargaan dari Kemenkeu tidak mudah. 

Butuh konsistensi, kebersamaan dalam tata kelola keuangan yang baik, serta kesungguhan untuk mengikuti aturan yang berlaku.

“Hasil kerja keras dan kerjasama tim yang dipimpin Bapak Bupati Banyumas dan jajaran, dalam pengelolaan keuangan daerah serta dukungan DPRD Banyumas membuahkan hasil yang berdampak pada kemudahan pelayanan kepada masyarakat,” katanya. 

Sementara itu, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Banyumas Eko Prijanto menyampaikan terima kasih kepada BPK RI Perwakilan Jawa Tengah dan BPKP. 

Mereka terus bersinergi dalam mendukung pemerintah daerah yang akuntabel dan transparan. 

Tahun 2020-2021 menurutnya penuh tantangan karena pandemi Covid-19 yang berimplikasi pada keuangan daerah.

"Alhamdulillah, jajaran Pemkab Banyumas mampu mencapai kestabilan keuangan dan mampu mempertahankan opini WTP,” ujarnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved