OPINI

OPINI Edy Purwo Saputro : Risiko Kebocoran Data

KASUS kebocoran data oleh Bjorka menarik dicermati tidak saja terkait data dan statistik, tapi juga jaminan keamanan dan kepercayaan publik

Bram
Edy Purwo Saputro 

Oleh: DR. Edy Purwo Saputro, SE, MSi

Dosen Pascasarjana di UMS

KASUS kebocoran data oleh Bjorka menarik dicermati tidak saja terkait data dan statistik, tapi juga jaminan keamanan dan kepercayaan publik sehingga kasus ini harus dituntaskan. Terkait data, statistik dan kebocoran ternyata tidaklah banyak yang tahu tentang statistik.

Banyak asumsi statistik cuma deretan angka saja sehingga statistikawan menjadi sesuatu yang aneh dan jumlahnya terbatas. Imbasnya terjadi kelangkaan statistikawan dan hal ini mayoritas terjadi di negara miskin berkembang sementara populasinya mayoritas negara industri maju makin meningkat signifikan.

Jadi, wajar jika profesi ini dan kiprahnya juga tidak banyak yang tahu. Padahal peran strategis statistik menjadi
cikal bakal kepentingan untuk membuat kebijakan strategis untuk jangka pendek, menengah dan panjang, bukan hanya lokal tapi nasional dan global. Jadi kasus kebocoran data oleh Bjorka meresahkan.

Persepsian yang salah tentang statistik tentu akan menjadi rancu karena ke depan tidak bisa dipungkiri semua operasional kegiatan akan sangat membutuhkan data dan angka dari statistik.

Memang tidak dipungkiri bahwa luaran dari kegiatan statistik kebanyakan adalah data dan angka.

Sementara data dan angka itu akan memberikan makna beragam tergantung bagaimana individu mengolah dan memberikan interpretasinya.

Terkait ini maka edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya statistik tidak bisa diabaikan dan tentu pemerintah pada umumnya dan BPS pada khususnya sangat berkepentingan untuk melakukan tugas edukasi statistik kepada masyarakat secara sistematis - berkelanjutan agar kedepan tidak ada lagi masyarakat yang buta statistik tapi harus melek statistik.

Ancaman

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved