Berita Banyumas

RS Wijayakusuma Purwokerto Jadikan Layanan VCT RSUD Banyumas Sebagai Role Model

Hingga kini penderita HIV/AIDS di Indonesia masih banyak dan terus meningkat.

Penulis: Imah Masitoh | Editor: sujarwo
Ist. Pemkab Banyumas
Tim Layanan VCT RS Wijaya Kusuma Purwokerto saat Studi Banding terkait layanan VCT di RSUD Banyumas, Kamis (22/9/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, BANYUMAS - Memprihatinkan, hingga sekarang ini penderita HIV/AIDS yang ada di Indonesia masih banyak dan terus meningkat.

Penyebaran infeksi HIV/AIDS bukan tidak bisa dicegah, namun banyak faktor yang bisa menjadi penyebab semakin bertambahnya orang yang terinfeksi HIV/AIDS.

Sebagai salah satu institusi layanan kesehatan milik pemerintah Kabupaten Banyumas, 

RSUD Banyumas memiliki layanan bagi orang yang telah terinfeksi HIV/AIDS untuk berobat maupun yang ingin berkonsultasi tentang keadaanya dirinya.

Layanan ini ialah Layanan Voluntary Counselling and Testing (VCT) yang bisa juga diartikan sebagai Konseling dan Tes Sukarela (KTS).

Tim Layanan VCT RS Wijaya Kusuma Purwokerto saat Studi Banding terkait layanan VCT di RSUD Banyumas, Kamis (22/9/2022).
Tim Layanan VCT RS Wijaya Kusuma Purwokerto saat Studi Banding terkait layanan VCT di RSUD Banyumas, Kamis (22/9/2022). (Ist. Pemkab Banyumas)

Berjalan dengan baik layanan ini dinilai positif oleh Rumah Sakit Wijaya Kusuma Purwokerto atau RS DKT Purwokerto.

Hingga hari ini, Kamis (22/9/2022) Tim Layanan VCT RS Wijaya Kusuma Purwokerto mengadakan Studi Banding terkait layanan tersebut di RSUD Banyumas.

Pimpinan tim layanan VCT RS Wijaya Kusuma Purwokerto, dr. Asfarul Anam mengatakan,

layanan VCT di RSUD Banyumas adalah salah satu yang terbaik sehingga dilakukan  studi banding guna peningkatan mutu akreditasi yang akan dilaksanakan pada waktu dekat.

“Kita butuh role model rumah sakit yang telah menjalankan VCT, PITC (Provider Initiated Testing and Counselling) dan salah satu yang terbaik di daerah Banyumas adalah RSUD Banyumas,” katanya.

Lebih lanjut dr. Anam menyampaikan, layanan VCT yang ada di RS Wijaya Kusuma Purwokerto masih bergabung dengan layanan TB.

Berbeda dengan yang ada di RSUD Banyumas yang sudah mandiri.

"Di sini sudah ada poli rawat jalannya, konselor yang lengkap, dan sudah terintegrasi dengan Dokter Penanggung Jawab Pelayanan (DPJP) seperti saraf, kulit atau anak,” jelasnya. 

Tim Layanan VCT RS Wijaya Kusuma yang terdiri dari bagian IT, Obsgyn, Paru, Farmasi dan Anak ini diterima di Aula Komite Medis.
 
Kegiatan ini disambut langsung oleh Wakil Direktur Umum RSUD Banyumas, dr. Widyana Grehastuti, didampingi oleh jajaran manajemen terkait serta Tim Layanan VCT RSUD Banyumas. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved