Berita Salatiga

Asyiknya Menonton Pacuan Kuda di Lapangan Tegalwaton Kabupaten Semarang

Ratusan joki kuda ikut Kejurnas Pacuan Kuda Danjen Kopassus Cup Nusantara Derby.

Penulis: Hanes Walda Mufti U | Editor: sujarwo
Tribunjateng.com/Hanes Walda
Joki kuda saat berlaga di kejuaraan Nasional Pacuan Kuda Danjen Kopassus Cup Nusantara Derby 2022 Round II di Lapangan Tegalwaton Kabupaten Semarang, Minggu (25/9/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA – Ratusan joki kuda ikut dalam Kejuaraan Nasional Pacuan Kuda Danjen Kopassus Cup Nusantara Derby 2022 Round II.

Kejuaraan ini digelar di Lapangan Pacuan Kuda Tegalwaton Kabupaten Semarang.

Dari pantauan Tribunjateng.com di lokasi mulai pagi tadi sudah dipadati para penonton dari anak-anak sampai dewasa.

Walaupun cuaca sekarang panas namun tidak mengurasi semangat para penonton untuk melihat kejuaraan tersebut.

Danjen Kopassus, Mayor Jenderal TNI Iwan Setiawan mengatakan bahwa kejuaraan ini merupakan program teritorial dari Kopassus.

“Penyelenggaraan kejuaraan nasional pacuan kuda ini adalah salah satu bentuk program pembinaan teritorial yang dilaksanakan oleh Kopassus dan juga merupakan bentuk apresiasi secara langsung terhadap prestasi atlet-atlet pacuan kuda di Indonesia,” kata Iwan kepada Tribunjateng.com, Minggu (25/9/2022).

Joki kuda saat berlaga di kejuaraan Nasional Pacuan Kuda Danjen Kopassus Cup Nusantara Derby 2022 Round II di Lapangan Tegalwaton Kabupaten Semarang, Minggu (25/9/2022).
Joki kuda saat berlaga di kejuaraan Nasional Pacuan Kuda Danjen Kopassus Cup Nusantara Derby 2022 Round II di Lapangan Tegalwaton Kabupaten Semarang, Minggu (25/9/2022). (Tribunjateng.com/Hanes Walda)

Di sisi lain dengan digelarnya kejuaraan ini juga untuk memupuk tali silaturahmi serta kebersamaan sehingga terwujudnya kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Melalui kejuaraan pacuan kuda ini untuk mencari bibit dan melatih kuda pacu dari seluruh Indonesia yang berpotensi untuk dapat berprestasi sampai dengan tingkat Internasional,” jelasnya.

Dirinya berharap dengan adanya kejuaraan ini dapat menarik minat dan penggemar olahraga berkuda di Indonesia.

“Semoga kedepan kejuaraan seperti ini dapat digelar secara rutin setiap tahunnya,” imbuhnya.

Ada sepuluh race pacuan utama dan delapan race pacuan tambahan dari jarak 1000 sampai 2200 meter.

“Dalam pelaksanaan Kejuaraan Nasional Pacuan Kuda Nusantara Derby 2022 Round II di Tegalwaton Kabupaten Semarang mengikutsertakan 122 ekor kuda,” paparnya.

Dalam perlombaan ini terdapat sepuluh Kontingen yang terdiri dari beberapa Provinsi, seperti Sumatera Barat, Lampung, Jawa Barat, Jakarta, Jogjakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat.

“Kedepannya Kopassus bisa turut serta menyelenggarakan lomba pacuan kuda dalam rangka HUT Kopassus tiap Tahunnya,” ungkapnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved