Berita Kajen

Fadia Tingkatkan PAD Hingga 18 Persen Pada Paripurna Perubahan APBD 2022

Perubahan APBD tahun anggaran 2022 dilakukan dalam rangka menyesuaikan kondisi terkini, perkembangan kebijakan dan regulasi pemerintah.

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: raka f pujangga
Dok Prokompim Kabupaten Pekalongan
Bupati Pekalongan Fadia Arafiq saat menghadiri Raperda tentang Perubahan APBD Kabupaten Pekalongan tahun anggaran 2022 di ruang paripurna dewan setempat. 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - DPRD Kabupaten Pekalongan menggelar rapat paripurna untuk menindaklanjuti Raperda tentang Perubahan APBD Kabupaten Pekalongan tahun anggaran 2022 dengan melakukan pembahasan.

Selain Raperda, ada dua agenda lain penyampaian pandangan umum fraksi DPRD Kabupaten Pekalongan terhadap Raperda tersebut. Kemudian penyampaian jawaban Bupati Pekalongan atas pandangan umum fraksi-fraksi.

Biasanya saat penyampaian pandangan umum, perwakilan dari fraksi membacakannya.

Namun untuk paripurna kali ini, naskah pandangan umum tidak dibacakan namun langsung diberikan kepada Ketua DPRD Kabupaten selaku pimpinan rapat.

Baca juga: Sambut Cak Imin, Bupati Fadia Ucapkan Terima Kasih Telah Ikut Membangun Pekalongan

Fraksi PKB diberikan oleh Edi Haryanto, Fraksi PDIP oleh Endang Suwarningsih, Fraksi PPP oleh Syihabuddin Nur, Fraksi Gerindra oleh Yahya, Fraksi PAN oleh Heru Gunawan, dan Fraksi Golkar oleh Rokhyasin.

Kemudian, dilanjutkan penyampaian jawaban bupati pekalongan atas pandangan umum fraksi-fraksi DPRD terhadap Raperda Perubahan APBD 2022.

''Terhadap pandangan umum fraksi-fraksi DPRD atas Raperda ini, saya mengucapkan terima kasih, baik yang bersifat apresiasi, masukan, saran maupun pertanyaan."

"Semua itu sebagai wujud kebersamaan dan tanggung jawab kita dalam penyusunan Raperda,'' kata Bupati Pekalongan Fadia Arafiq, Sabtu (24/9/2022).

Menanggapi pandangan umum dari Fraksi PPP penyusunan perubahan APBD tahun anggaran 2022 dilakukan dalam rangka menyesuaikan kondisi terkini, salah satunya perkembangan kebijakan dan regulasi pemerintah serta dinamika atas pelaksanaan APBD yang tercermin dalam laporan Semester I APBD tahun 2022.

Termasuk mengatasi permasalahan yang terjadi di masyarakat sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.

"Pemerintah Kabupaten Pekalongan telah merencanakan aspek teknis pada program peningkatan dan rehabilitasi jalan sesuai dengan spek teknis yang disusun oleh Kementerian Pekerjaan Umum."

Baca juga: Ganjar Prioritaskan Rancangan Perubahan APBD Jateng 2022 untuk Bantuan Sosial

"Harapannya, pembangunan infrastruktur lebih berkualitas dan tahan lama sehingga akses mobilitas masyarakat tidak terganggu," katanya.

Kemudian, menanggapi dari pandangan umum Fraksi PDI Perjuangan, kondisi ekonomi makro terkini berdampak terhadap perekonomian di daerah. Untuk itu melalui program dan kegiatan APBD diupayakan untuk dapat meminimalisir dampak tersebut.

Lalu, menjawab tanggapan Fraksi Gerindra, penyusunan program dan kegiatan rancangan perubahan APBD tahun anggaran 2022 diarahkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Pekalongan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved