Berita Semarang

Jadi Tren di Berbagai Negara, Beam Rover Elektrik Kini Hadir di Semarang, Segini Tarifnya

Strategi mobilitas mikro elektrik yang menjadi tren alternatif dipilih oleh beberapa negara kini dihadirkan di Kota Semarang.

Penulis: Idayatul Rohmah | Editor: galih permadi
TRIBUN JATENG/IDAYATUL ROHMAH
Tampak berjajar Beam Rover berwarna ungu di halaman Balaikota Semarang, Sabtu (24/9/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Strategi mobilitas mikro elektrik yang menjadi tren alternatif dipilih oleh beberapa negara kini dihadirkan di Kota Semarang.

Hal itu ditandai dengan adanya penandatangan nota kesepahaman antara satu perusahaan mobilitas mikro, Beam Mobility dengan Pemerintah Kota Semarang untuk meluncurkan layanan sepeda elektrik di Kota Semarang.

"Tahap pertama launching ini, Beam akan meletakkan 250 unit (sepeda listrik) di Semarang.

Setelah itu, secara bertahap kami akan terus menambah kendaraan sambil melihat pola yang baik seperti apa di Semarang ini," kata Country Head Beam Indonesia Ady Muzadi usai penandatanganan MoU di halaman Balaikota Semarang, Sabtu (24/9/2022).

Disebutkan lebih lanjut, kerja sama antara Beam Mobility dengan Pemerintah Kota Semarang ini meluncurkan armada ebike terbaru Beam, Beam Rover di Semarang.

Beam Rover akan diluncurkan di area populer sekitar Simpang Lima, pusat Kota Semarang dan dapat beroperasi di 4 area yaitu Jalan Pandanaran, Jalan Gajah Mada, Jalan Pemuda, dan Jalan Mayjen Sutoyo.

"Kami tuju ke lokasi yang arusnya tinggi, sehingga bisa mengurangi penggunaan kendaraan fosil yang konvensional dengan beralih ke kendaraan listrik," ungkapnya.

Adapun Ady mengatakan, untuk menggunakan sepeda listrik tersebut pengguna bisa mendaftar, membuka kunci, dan mengendarai Beam Rover melalui aplikasi Beam.

Armada Beam Rover disebutkan memiliki batas kecepatan maksimal 25km/jam, dilengkapi dengan fitur komunikasi IoT yang dapat mengunggah status setiap kendaraan secara langsung.

Hal ini memungkinkan Beam untuk menerapkan geofence, mendeteksi jika terdapat permasalahan pada kendaraan dan memperbarui kondisi kendaraan di lapangan, termasuk ketika baterai perlu diganti.

Tiap armada juga akan dilengkapi dengan baterai tambahan yang dapat diganti selain baterai bawaan.

"Tarifnya Rp 700 per menit," tambahnya.

Di sisi lain terkait layanannya, saat ini Beam telah mengoperasikan layanan e-scooter dan e-bike di sekitar 40 kota di Australia, Selandia Baru, Malaysia, Thailand, Korea, dan Turki.

Sementara Indonesia disebut sebagai negara pertama yang mengoperasikan layanan armada terbarunya ebike, Beam Rover.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved