Wawancara Khusus

WAWANCARA Direktur Polikteknik Bumi Akpelni : Akpelni Berdiri Tahun 1964 Beberapa Kali Ganti Nama

SEJARAH Kampus Akpelni di Semarang sudah berdiri sejak 1964. Sebagai kampus senior, sudah menghasilkan banyak tokoh dan alumni yang berkecimpung

IST
LATIHAN KETERAMPILAN MANAJEMEN TARUNA / TARUNI POLITEKNIK BUMI AKPELNI 

SEJARAH Kampus Akpelni di Semarang sudah berdiri sejak 1964. Sebagai kampus senior, sudah menghasilkan banyak tokoh dan alumni yang berkecimpung di Nusantara bahkan dunia.

Direktur Polikteknik Bumi Akpelni, Capt Cahya Fajar Budi Hartanto memaparkan panjang lebar mengenai kampus yang terkenal ini, dan suka duka Cahya Fajar saat awal lulus.

Kemudian berlayar, lanjut studi hingga kemudian menduduki posisi tertinggi di Politeknik Bumi Akpelni Semarang.

Video Tribun Inspirasi ini tayang di media sosial Tribun Jateng dan kali ini disajikan kepada pembaca online Tribunjateng.com serta koran cetak Tribun Jateng yang disadur oleh wartawan Agus Salim. Berikut petikan wawancaranya.

Bisa cerita sejarah Akpelni Pak?

Sebenarnya dulu Akpelni diselenggarakan oleh Yayasan Angkatan Laut, Yayasan Pancasila dan yang terakhir Yayasan Wiyata Dharma.

Apakah Akpelni hanya di Semarang?

Sejak tahun 2019, Akpelni sudah berubah bentuk menjadi Politeknik Bumi Akpelni. Namun, Akpelni hanya ada di Semarang.

Terus Pak?

Sejarah Akpelni berdiri 1964. Namun berganti beberapa penyelenggara, mulai dari Yayasan Angkatan Laut, Yayasan Pancasila dan yang terakhir Yayasan Wiyata Dharma.

Karena di AL tidak diperbolehkan mengelola pendidikan swasta maka kemudian didirikanlah Yayasan Wiyata Dharma untuk mengelola Politeknik Bumi Akpelni.

Kampusnya dulu juga belum di Sampangan. Tapi di Soegijapranata nomor 37 yang kini dipakai oleh SMSMK Pelayaran Akpelni. Lalu pindah ke sini di tahun 1995. Tahun 1996 mulai perkuliahan di sini sampai hari ini.

Ada Asrama Pak?

Di sini ada asrama 1.080 taruna. 1 angkatan biasanya 540. Waktu D3 tinggal asrama 2 tahun. Semester 1-4. Semestet 5-6 praktik, baik di laut maupun perusahaan pelayaran. Tapi kita sudah berubah. D3 menjadi Sarjana Terapan (D4) dan di asrama jadi 2,5 tahun yang dulunya 2 tahun.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved