Berita Karanganyar

Kades Berjo Karanganyar Ditahan Terkait Kasus Dugaan Korupsi Pengelolaan BUMDes, Sekdes Jadi Plt

Sekdes Berjo, Wahyu Budi Utomo menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Kades lantaran Suyatno ditahan oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Karanganyar

Penulis: Agus Iswadi | Editor: Catur waskito Edy
agus iswadi
Kades Berjo, Suyatno masuk ke dalam mobil Kejari Karanganyar setelah menjalani pemeriksaan sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi pengelolaan BUMDes untuk selanjutnya ditahan Rutan Solo, Selasa (27/9/2022) siang. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Sekdes Berjo, Wahyu Budi Utomo menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Kades lantaran Suyatno ditahan oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Karanganyar terkait kasus dugaan korupsi pengelolaan BUMDes. 

Kades Berjo, Suyatno ditahan oleh Kejari Karanganyar setelah menjalani pemeriksaan sebagai tersangka pada Selasa (27/9/2022) kemarin. Kades aktif tersebut ditahan di Rutan Kelas IA Solo. Sementara itu tersangka lainnya, Mantan Dirut BUMDes Tahun 2020, Eko Kamsono telah ditahan terlebih dahulu di Polres Karanganyar. 

Kabid Aparatur Pemerintah Desa Dispermasdes Karanganyar, Anung Dharmawan menyampaikan, pihaknya telah memproses pemberhentian sementara Kades Berjo semenjak statusnya ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejari Karanganyar. 

"Saya bersurat kepada Kejaksaan memohon SK (Surat Keputusan) penetapan Kades Berjo sebagai tersangka. Sampai sekarang saya belum mendapatkan surat tersebut. Info terakhir surat akan segera dibuat. Surat itu untuk memproses pemberhentian sementara kades," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Rabu (28/9/2022).  

Lantaran kades aktif telah ditahan oleh Kejari Karanganyar, terang Anung, Sekdes Berjo saat ini menjadi Plt Kades Berjo untuk mengemban tugas-tugas selama kekosongan jabatan. 

Kepala Dispermasdes Karanganyar, Sundoro Budi Karyanto mengatakan, masa jabatan Kades Berjo, Suyatno masih sekitar 3,5 tahun. Setelah ada keputusan hukum tetap atau inkrah terkait kasus tersebut, lanjutnya, akan ditunjuk Penjabat (Pj) Kades untuk memproses pelaksanaan Pemilihan Antar Waktu (PAW).

"Ditunjuk salah satu ASN menjadi Pj Kades untuk memproses PAW," ucapnya. (Ais).

Baca juga: Rumah Kosong Karangayu Semarang Terbakar, Diduga Korsleting Listrik

Baca juga: Berikut Daftar Harga Kebutuhan Pokok di Wilayah UPT III Blora, Rabu 28 September 2022

Baca juga: Nam Goong Min dan Jin Ah Reum Umumkan Pernikahan 7 Oktober 2022, Acara Digelar Tertutup

Baca juga: Buronan Kejati Maluku Utara Ditangkap di Purwokerto Setelah Kabur Selama 7 Tahun

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved