Berita Semarang

Pameran Fotografi Pariwisata Kolaborasi BOB dan Pewarta Foto Indonesia Yogya Bertajuk Jawimajinasi

BOB berkolaborasi dengan PFI Yogya gelar pameran fotografi bertajuk Jawimajinasi.

Penulis: amanda rizqyana | Editor: sujarwo

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Badan Otorita Borobudur (BOB) berkolaborasi dengan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Yogyakarta menggelar pameran fotografi bertajuk Jawimajinasi di Kawasan Kota Lama, Semarang, Jawa Tengah.

Direktur Utama Badan Otorita Borobudur (Dirut BOB) Ir. Indah Juanita, mengatakan pameran fotografi ini untuk memperingati Hari Pariwisata Sedunia.  

“Pameran Jawimajinasi ini diselenggarakan untuk memperingati Hari Pariwisata Sedunia yang diperingati setiap tanggal 27 September 2022 dan akan menampilkan sekitar sekitar 300 foto destinasi wisata yang masuk ke dalam daerah Koordinasi BOB,” ujar Ir. Indah dalam pidato sambutannya pada pembukaan Pameran Fotografi Jawimajinasi di Gedung Oudetrap, Kota Lama Kota Semarang pada Selasa (27/9/2022).

Pameran yang menampilkan sekitar 300 lebih karya foto dokumentasi sejumlah destinasi wisata di Jawa Tengah ini akan berlangsung sejak Selasa (27/9/2022) hingga Minggu (2/10/2022).

“Pameran ini diharapkan dapat memberikan dorongan untuk bangkitnya sektor industri pariwisata dan ekonomi kreatif," tambah Ir. Indah.

Untuk itu ia meminta agar para seluruh masyarakat mendukung pameran fotografi Jawimajinasi.

Sejumlah titik lokasi Kota Lama Kota Semarang yang digunakan untuk berpameran, yakni di Gedung Oudetrap, Taman Srigunting, dan Rumah Akar atau yang dikenal juga dengan sebutan Tembok Akar.

Jawimajinasi berasal dari dua suku kata, yaitu Jawi atau bahasa 'tinggi' (kromo alus) untuk sebutan Pulau Jawa dan Imajinasi yang berarti daya pikir untuk membayangkan  atau menciptakan gambar (foto, lukisan, karangan, dan lainnya) berdasarkan kenyataan atau pengalaman.

Jawimajinasi juga dapat diartikan sebagai pameran fotografi tentang Imaji atau bayangan dari kultur masyarakat Jawa, khususnya yang berhubungan dengan pariwisata dan kebudayaan.

BOB memiliki wilayah kerja di tiga Destinasi Pariwisata Nasional (DPN), yaitu Yogyakarta Borobudur, Semarang Karimunjawa, dan Solo Sangiran.

Di tiga DPN tersebut kaya akan sejumlah sektor, seperti destinasi wisata, produk ekonomi kreatif, dan seni budaya.

Pameran ini menghadirkan foto-foto dokumentasi pariwisata dari sejumlah daerah di Jawa Tengah, seperti Semarang, Kudus, Jepara, Solo Raya, Wonosobo, Banjarnegara, Dataran Tinggi Dieng dan Boyolali.

Selain itu ditampilkan juga karya foto destinasi pariwisata dari Jawa Timur, yaitu Pacitan.

Kurator Jawimajinasi, Ismar Patrizki mengungkapkan, pameran terbagi atas dua format, yaitu di dalam ruangan (indoor) dan luar ruangan (outdoor). Pameran ini juga akan memberikan kesan yang berbeda dari pameran-pameran fotografi pariwisata yang pernah ada.

Badan Otorita Borobudur (BOB) berkolaborasi dengan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Yogyakarta menggelar pameran fotografi bertajuk Jawimajinasi untuk memperingati Hari Pariwisata Sedunia di Gedung Oudetrap, Kota Lama Kota Semarang pada Selasa (27/9/2022).
Badan Otorita Borobudur (BOB) berkolaborasi dengan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Yogyakarta menggelar pameran fotografi bertajuk Jawimajinasi untuk memperingati Hari Pariwisata Sedunia di Gedung Oudetrap, Kota Lama Kota Semarang pada Selasa (27/9/2022). (Tribun Jateng/Amanda Rizqyana)
Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved