Berita Sragen

Tungku Api Belum Mati Sempurna, Diduga Penyebab Kebakaran Rumah di Perum Griya Asri 2 Sragen

Indikasinya kebakaran karena sumber api diduga bara dari pembakaran tungku kayu tidak mati dengan sempurna.

Istimewa/Damkar Sragen
Tim pemadam kebakaran Sragen ketika memadamkan api di Perum Griya Asri 2 gang 3, RT 45/10, Kelurahan Plumbungan, Kecamatan Karangmalang, Kabupaten Sragen terbakar, Rabu (28/9/2022) 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – Rumah Paimin Purnomo (67) di Perum Griya Asri 2 gang 3, RT 45/10, Kelurahan Plumbungan, Kecamatan Karangmalang, Kabupaten Sragen terbakar, Rabu (28/9/2022) sore.

Kebakaran itu bermula ketika sang istri korban, Kamsiah (67) memasak di dapur pukul 13.00 menggunakan tungku kayu sampai dengan pukul 14.00 WIB.

Pemilik rumah mematikan tungku kayu lalu melanjutkan kegiatan lainya, saat ditinggal rumah dalam keadaan kosong. Rumah tersebut diketahui hanya digunakan untuk memasak.

Baca juga: Ditinggal Kedua Orangtua, Dua Anak Balita Tewas dalam Kebakaran Rumah di Sidokerto Pati

Pada pukul 16.30 terdapat kepulan asap dan api sudah membumbung di rumah tersebut. Kebakaran itu membuat warga sekitar panik karena berada di wilayah perumahan dan ditakutkan api merembet.

Warga sekitar akhirnya melaporkan kejadian itu ke Mako Damkar Sragen. Kasi Pemadam dan Penyelamatan Dinas Satpol-PP dan Damkar Sragen Anton Sujarwo mengatakan empat tangki dikerahkan untuk memadamkan api.

"Pemadaman menggunakan mobil pemadam kebakaran Sragen unit 05, double cabin, water suplay dibantu truk tangki BPBD," kata Anton kepada Tribunjateng.com.

Baca juga: Jelang Subuh, Petugas Damkar Cilacap Tangkap Ular Sepanjang 2 Meter Di Kamar Warga

Anton mengatakan obyek yang terbakar adalah rumah yang digunakan untuk memasak. Tumpukan kayu untuk memasak yang berada didalam rumah dapur dan samping rumah juga terbakar.

Ia mengatakan, indikasi sumber api diduga bara dari pembakaran tungku kayu tidak mati dengan sempurna. Hal ini mengakibatkan api menyala kembali dan merembet ke tumpukan kayu yang berada didekat tungku tersebut.

Untuk kerugian, Anton mengatakan belum bisa ditaksir. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini namun rumah berukuran 6x6 beserta perabotan dapur terbakar.

Kebakaran ini berdampak adanya kepulan asap yang pekat disekitar lokasi kebakaran serta kepanikan warga.

Rumah yang terbakar merupakan rumah yang hanya di gunakan untuk aktifitas memasak, pemilik rumah memiliki rumah hunian yang lain yang berjarak 20 meter dari rumah yang terbakar.

Api dapat di padamkan pada pukul 18.00, setelah kejadian listrik di sekitar lokasi padam. Atas kejadian ini Damkar Sragen menghimbau kepada warga masyarakat untuk selalu waspada pada sumber atau media yang dapat menimbukan api kebakaran.  (uti)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved