Berita Semarang

Peradi-SAI Semarang Sebut Ada Kans Yosep Parera Jadi Justice of Collaborator

Peluang Yosep Parera untuk menjadi Justice of Collaborator cukup terbuka.

Penulis: Agus Salim Irsyadullah | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Agus Salim Irsyadullah
Ketua DPC Peradi Semarang Luhut Sagala (tengah) saat konferensi pers pemberian bantuan hukum kepada Yosep Parera dan Eko Suparno 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Peluang Yosep Parera untuk menjadi Justice of Collaborator menurut kuasa hukumnya, Perhimpunan Advokat Indonesia-Suara Advokat Indonesia (Peradi-SAI) Semarang Luhut Sagala cukup terbuka. 

Dalam konferensi pers yang berlangsung di kantor Rumah Pancasila dan Klinik Hukum, Jl. Semarang Indah, Kota Semarang, Luhut menyebut kasus suap yang dilakukan oleh Yosep Parera dilandasi adanya permintaan. 

"Jadi Pak Yosep memang mengakui ada permintaan uang. Namun, untuk teknisnya seperti apa kami sebagai kuasa hukum belum mengetahui," 

"Kemungkinan kami akan ke sana. Kami belum diskusi lebih lanjut dengan Pak Yosep . Pak Yosep pun baru sekali diperiksa oleh penyidik." jelasnya.

Luhut beserta jajaran kuasa hukum Yosep Parera mendukung penuh upaya KPK dalam proses penyidikan. 

Ketua DPC Peradi Semarang Luhut Sagala menunjukkan surat yang ditulis Yosep Parera saat konferensi pers di Rumah Pancasila.
Ketua DPC Peradi Semarang Luhut Sagala menunjukkan surat yang ditulis Yosep Parera saat konferensi pers di Rumah Pancasila. (Tribun Jateng/Agus Salim Irsyadullah)

Kata Luhut, Yosep Parera beserta rekannya yang menjadi tersangka hanyalah korban dari ketidakadilan hukum di negeri ini. 

"Terlepas apa yang disangkakan kepada mereka saat ini, mereka berdua berhak atas pemeriksaan dan proses peradilan yang fair, objektif dan imparsial," lanjutnya. 

Terkait pendampingan hukum oleh Peradi Semarang, pihaknya mengaku banyak tawaran yang ditujukan kepada Yosep Parera sebagai kuasa hukum tambahan. 

Namun, Yosep Parera melalui Luhut Sagala menegaskan bahwa hanya Peradi Semarang dan satu kuasa hukum di Jakarta yang akan mendampingi Yosep Parera di persidangan

"Jadi jika teman-teman nanti ada orang di luar kami yang menyatakan sebagai kuasa hukum itu tidak benar," imbuhnya.

Bahkan, Yosep pun berkomitmen kuat untuk membantu KPK membuka secara transparan kasus yang menimpa dirinya

"Kita akan bekerja sama dengan KPK agar proses penyidikan proses peradilannya berjalan dengan baik dan bisa membuka secara terang benderang apa yang sebenarnya terjadi dengan kasus itu," paparnya.  (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved