Breaking News:

Berita Pati

Pj Bupati Pati Henggar Sebut Keberhasilan KB Bermuara pada Penurunan Angka Kemiskinan

Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro meninjau kegiatan pelayanan Keluarga Berencana.

Penulis: Mazka Hauzan Naufal | Editor: sujarwo
Prokompim Setda Kabupaten Pati
Penjabat (Pj) Bupati Pati Henggar Budi Anggoro meninjau kegiatan pelayanan Keluarga Berencana (KB) dalam rangka TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan Terpadu di Aula RSI Pati, Kamis (29/9/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Penjabat (Pj) Bupati Pati Henggar Budi Anggoro meninjau kegiatan pelayanan Keluarga Berencana (KB) dalam rangka TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan Terpadu yang merupakan rangkaian HUT ke-77 TNI tahun 2022.

Kegiatan ini berlangsung di Aula Rumah Sakit Islam (RSI) Pati, Margoyoso, Kamis (29/9/2022).

Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro menyampaikan apresiasi kepada Dandim 0718/Pati dan Direktur RSI Pati beserta seluruh jajarannya sehingga terselenggara Pelayanan KB dalam rangka HUT ke-77 TNI.

"Seperti kita ketahui bersama, permasalahan kependudukan merupakan sebuah problematika yang kompleks sehingga dibutuhkan koordinasi dan kolaborasi dari seluruh pihak," ujar dia. 

Untuk itu, Henggar menyambut baik kegiatan ini sebagai wujud sinergitas seluruh elemen masyarakat yang mencakup TNI, pelayan kesehatan, bersama pemerintah daerah dalam rangka pengendalian laju pertumbuhan penduduk.

Henggar mengungkapkan keberhasilan pelaksanaan program KB juga telah terbukti berpengaruh besar dalam membentuk keluarga yang berkualitas, bahagia, serta sehat secara fisik dan mental.

Dia menyebut, secara makro, kesuksesan pengendalian pertumbuhan penduduk dapat bermuara pada peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan penurunan angka kemiskinan. 

"Sementara di lain sisi, kegagalan program KB di beberapa daerah kerap kali berdampak pada kegagalan sektor kehidupan lainnya seperti ekonomi, pendidikan, hingga kesehatan," ucap dia. 

Untuk itu, mengingat besarnya manfaat yang ditimbulkan dari program ini, Henggar mengimbau agar seluruh komponen masyarakat dapat berpartisipasi, mengintervensi, dan turut ambil bagian dalam menyukseskan program KB.

"Sehingga apa yang kita upayakan bersama pada hari ini dapat turut mendukung terwujudnya Visi Indonesia Emas Tahun 2045 dalam menciptakan generasi penerus yang produktif dan berkualitas," tambah dia. 

Sementara itu, Dandim Pati/0718 Letkol Inf Catur Irawan berharap terselenggaranya pelayanan KB MOW, IUD dan implan, serta KB lainnya dapat menentukan kualitas keluarga. 

Penggunaan KB, lanjut dia, dapat menyelamatkan kehidupan perempuan serta meningkatkan status kesehatan ibu terutama dalam mencegah kehamilan yang tidak diinginkan, memberi jarak kelahiran, dan mengurangi resiko kematian bayi.

"Perlu diketahui pelaksanaan pelayanan KB TNI manunggal bangga kencana kesehatan terpadu Kabupaten Pati tahun 2022 sudah dimulai tanggal 1 Agustus 2022 dan puncaknya pada tanggal 30 September besok hasil yang dicapai sampai dengan tanggal 29 September 2022 sejumlah 7.004 akseptor," tandas dia. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved