Berita Nasional

Politikus Nasdem Usul Calon Presiden Jangan hanya Minimal Lulusan SMA

Politisi Partai Nasdem Hilary Brigitta Lasut mengusulkan agar seseorang yang dicalonkan sebagai Presiden hendaknya tidak hanya lulusan SMA

Editor: m nur huda
Instagram
Politisi Partai Nasdem Hilary Brigitta Lasut mengusulkan agar seseorang yang dicalonkan sebagai Presiden hendaknya tidak hanya lulusan sekolah menengah atas (SMA). 

 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Politisi Partai Nasdem Hilary Brigitta Lasut mengusulkan agar seseorang yang dicalonkan sebagai Presiden hendaknya tidak hanya lulusan sekolah menengah atas (SMA).

Selain itu, Hilary Brigitta juga mengusulkan, usia minimal seseorang bisa menjadi calon presiden (capres) adalah 21 tahun.

"Jangan sampai usia 21 lulusan SMA, terus belum ada pengalaman kerja entah dari mana. Cuma karena dia keturunan 'dewa' mungkin 'titisan' dari atas, dapat honoris kausa dari mana terus dia jadi presiden," kata Brigitta dalam diskusi Total Politik di Jakarta, Sabtu (1/10/2022).

Adapun hal tersebut dinyatakan Brigitta merespons tema diskusi "Dilema Pilpres 2024: Presidential Threshold dan Syarat Minimal Usia Capres-Cawapres". Brigitta melanjutkan, batasan minimal seseorang mencalonkan diri sebagai presiden, hendaknya mengikuti aturan hukum yang ada. Asalkan, lanjut Brigitta, seseorang itu juga sudah mampu mempertanggungjawabkan segala tindakannya berdasarkan hukum yang ada.

"Semua tindakannya, pidana, perdata, semuanya aturan hukum dia bilang sudah legal, sudah bisa dipertanggungjawabkan, berarti dia sudah bisa mencalonkan diri," jelasnya. Lebih lanjut, anggota Komisi I DPR itu juga menyoroti capres yang sudah lanjut usia. Menurut dia, usia tersebut cukup berisiko, baik bagi kesehatan untuk mengurus negara. "Kalau bicara usia, mohon maaf yang makin ke atas, akan makin beresiko dikategorikan atau lebih rawan dalam keadaan lebih cakap atau ada penyakit-penyakit tertentu," ungkapnya.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Politisi Nasdem Harap Usia Minimal Capres 21 Tahun, tapi Jangan Hanya Lulusan SMA

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved