Berita Jepara

Tahapan Pilkades Serentak Bergulir, Pemkab Jepara Waspadi Daerah Rawan Konfik

Pemerintah Kabupaten Jepara mewaspadi desa-desa yang menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) atau Pemilihan Petinggi (Pilpet).

YUNANSETIAWAN/TRIBUNMURIA
Baliho dua calon kades terpadang di depan Balai Desa Sinanggul, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara. Pada tahun ini 24 desa menyelenggarakan Pilkades serentak. 

TRIBUNJATENG.COM, JEPARA -- Pemerintah Kabupaten Jepara mewaspadi desa-desa yang menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) atau Pemilihan Petinggi (Pilpet).

Pada tahun ini sebanyak 24 desa menggelar Pilkades serantak. Saat ini baliho calon kades telah terpampang di sejumlah titik. Pada 14 Novembet 2022 pemungutan suara dilaksanakan.

Kepala Dinsospermades Jepara, Edy Marwoto, mengungkapkan setiap desa memiliki minimal dua calon kades. Ada juga yang tiga. Secara umum kerawanan konflik Pilkades ini rendah.

Namun dia memberi perhatian khusus pada desa yang memiliki calon kades paling banyak, yakni Desa Jambu, Kecamayan Mlonggo. Karena desa tersebut terdapat 5 calon kades.

 “Sejauh ini yang paling terlihat tingkat kerawanannya paling tinggi itu," kata Edy Marwoto kepada tribunmuria.com, Kamis, 6 Oktober 2022.

Menurutnya, jumlah calon kades yang bersaing berimbas pada tensi persaingan. Semakin banyak calonnya, semakin tinggi potensi gesekan antarpendukung.

Kendati demikian, dia berujar hal itu bukan berarti daerah yang memiliki jumlah calon kades sedikit tak diperhatikan. Pihaknya akan memantau daerah-daerah tersebut. Selain itu persiapan pengamanan juga dilakukan agar Pilkades berlangsung secara aman dan tertib. (*)

Baca juga: 3 Hari Operasi Zebra Candi di Karanganyar, Polisi Tindak 694 Pelanggaran Lalu Lintas

Baca juga: PSIS Pilih tak Liburkan Tim Selama Jeda Kompetisi, Begini Alasannya

Baca juga: Diduga Punya Masalah dengan Keluarga, Warga Winong Sidoharjo Sragen ditemukan Tewas Bunuh Diri

Baca juga: Sekda Kabupaten Tegal Ingatkan Larangan Bagi PNS Saat Pemilu, Bisa Kena Sanksi Sedang Hingga Berat 

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved