Kerusuhan Suporter di Malang

Tinjau Kanjuruhan, Jokowi Perintahkan Audit Seluruh Stadion di Indonesia

Presiden Jokowi memerintahkan untuk audit seluruh stadion di Indonesia setelah dirinya meninjau langsung Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Rabu

Editor: m nur huda
SURYA/PURWANTO
Presiden Joko Widodo didampingi Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan meninjau lokasi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu (5/10/2022). Dalam pernyataannya, Presiden memerintahkan Kementerian Pekerjaan Umum mengaudit seluruh stadion di Indonesia agar tragedi Kanjuruhan tidak terulang kembali. 

TRIBUNJATENG.COM - Presiden Jokowi memerintahkan untuk audit seluruh stadion di Indonesia setelah dirinya meninjau langsung Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Rabu (5/10/2022) siang WIB.

Saat Jokowi meninjau Stadion Kanjuruhan, ia  secara khusus menyoroti bentuk tangga sekaligus fakta pintu stadion yang sempat terkunci ketika insiden Tragedi Kanjuruhan akhir pekan lalu.

Tidak hanya itu, Jokowi juga menyampaikan rencana audit stadion seluruh Indonesia sampai hasil komunikasi dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino.

Selama kunjungan ke Malang, Presiden Jokowi menyempatkan diri mengunjungi korban Tragedi Kanjuruhan yang masih dirawat di RS Syaiful Anwar.

Jokowi juga mengunjungi serta memberi santunan kepada keluarga korban tewas Tragedi Kanjuruhan.

Terlepas dari hal itu, Jokowi tidak menyinggung soal gas air mata ketika menjelaskan fakta bahwa beberapa pintu stadion terkunci saat Tragedi Kanjuruhan.

Berdasarkan data resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Malang hingga Selasa (4/10/2022) pukul 10.00 WIB, tercatat ada 131 korban meninggal dunia akibat tragedi Kanjuruhan.

Berikut adalah tiga topik konferensi pers Jokowi seusai meninjau Stadion Kanjuruhan, Rabu (5/10/2022):

1. Pintu Stadion Kanjuruhan

Salah satu titik Stadion Kanjuruhan yang ditinjau langsung oleh Presiden Jokowi adalah tribune selatan. Rincian dari tribune selatan Stadion Kanjuruhan adalah Pintu 10, 11, 12 dan 13.

Tribune selatan khususnya Pintu 13 saat ini menjadi sorotan karena dianggap menjadi titik paling banyak memakan korban jiwa saat Tragedi Kanjuruhan.

Pintu 13 dikabarkan terkunci ketika ribuan suporter hendak menyelamatkan diri dari gas air mata.

Menurut Bupati Malang, M. Sanusi, Presiden Jokowi secara khusus sempat mengunjungi Pintu 13 Stadion Kanjuruhan.

Adapun ketika memberi keterangan pers, Jokowi menyatakan penyebab Tragedi Kanjuruhan menewaskan banyak korban jiwa adalah pintu terkunci dan tangga stadion yang curam.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved